Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu

Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu
Daftar Isi Artikel
Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu - GunaGuna.com MASIH terasa susah bangun shalat Subuh? Atau masih terasa seakan mengangkat beban berat saat adzan Subuh bergema? 

Sebenarnya bangun saat sebelum Subuh itu sungguh banyak sekali manfaatnya. Dari mulai mempersiapkan diri shalat hingga kita dapat mempersiapkan diri awal pagi. Keren kan? 

Shalat sunnah dua rakaat sebelum Subuh saja nilai pahalanya lebih baik dari dunia dengan seisinya. Apalagi, shalat Shubuhnya, berjama’ah juga. Subhanallah, insya Allah pahalanya luar biasa dahsyatnya. 

Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu

Aisyah Radhiyallahu Anha meriwayatkan dari Nabi, Beliau bersabda, “Dua rakaat (saat sebelum) fajar (shalat Subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia serta seisinya. ” (HR. Muslim serta Tirmidzi). 

Alasanya apa, orang paling kaya di dunia ini pun, bila tak mengerjakan shalat sunnah ini, nilainya tak ada apa-apanya di sisi Allah. Jadi, rugi sekali bukan.

Nah, oleh karenanya latih diri kita mulai saat ini untuk dapat bangun lebih awal, hingga dapat shalat sunnah Fajar sekalian Shalat Subuh berjama’ah. 

Pahala Shalat Shubuh 

Mungkin saja telah banyak yang tahu atau sekurang-kurangnya pernah mendengerkan ceramah masalah pahala dari shalat Subuh. Namun terlepas dari itu semua, mari kita cermati saja lagi keutamaan dari shalat Shubuh dari segi pahalanya. 

“Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim).

Lalu, dalam sabda yang lain dijelaskan, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu


Manfaat Langsung

Bila dari tadi keutamaanya lebih pada ‘tabungan’ akhirat kita. Saat ini mari kita saksikan manfaat langsung dari bangun lebih awal, yang bila dibiasakan, insya Allah bakal menghadirkan keajaiban dalam diri kita sendiri. 

Pertama, dapat menyempatkan diri untuk membuat planning (gagasan) 

Pernah tidak kita pergi sekolah atau kuliah dengan hati yang kurang mood? Nyaris pasti itu lantaran kita lambat bangun. Macem-macem sih penyebab, dapat lantaran tidur terlampau larut, atau ada PR yang belum ditangani hehe. 

Ke-2, ketertarikan yang tinggi 

Bila kita telah dapat nyusun ide, pasti kita bakal sangat tertarik dalam melakukan pekerjaan paling penting kita, tak tahu juga sebagai pelajar, karyawan, entrepreneur, serta lain sebagainya. 

Ketiga, masih ada waktu untuk berolahraga ringan 

Bila jarak kita dengan sekolah atau tempat bekerja tak terlampau jauh, bangun lebih awal masih tetap sangat mungkin kita berolahraga ringan. Seperti jalan-jalan, maupun lari-lari kecil. Terlebih, bila yang tempat tinggalnya agak jauh dari masjid, pastinya ibadahnya dibarengi berolahraga, seandainya ingin jalan kaki, hehe. 

Ke empat, selamat dari ketergesa-gesaan 

Bila tiga hal diatas saja dapat kita kerjakan, jadi alasan apa yang dapat membuat kamu lakukan suatu hal dengan tergesa-gesa? Tak ada lagi bukan! Jadi, bangun lebih awal bikin ritme hidupmu teratur serta efisien. 

Ke lima, masih ada waktu untuk dapat membaca Al-Qur’an 

Kenapa beberapa orang yang belum dapat berkelanjutan membaca Al-Qur’an? Satu diantara jawaban yang ada, mungkin saja shalat Subuhnya ketinggalan, hingga seluruhnya serba cepat-cepat. 

Lha, bila telah cepat-cepat, jangankan baca Al-Qur’an, peralatan yang dibutuhkan yang harusnya dibawa saja dapat ketinggalan. 

Namun, dengan kita shalat Subuh, kita masih tetap mempunyai saat untuk membaca atau bahkan juga menghafal Al-Qur’an. Wah, keren kan! 

Nah itulah beberapa maanfaat dari sholat subuh berjamaah sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainya, bahkan ada yang menulis buku tentang manfaat sholat subuh. Inysa Alloh dengan bangun pagi dan sholat subuh berjamaah menjadi awal kesuksesan kita

Demikianlah artikel dari blog GunaGuna.com yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Maanfaat Luar Biasa Sholat Subuh Awal Waktu, Kunjungi selalu blog GunaGuna.com untuk mendapatkan informasi tentang ragam manfaat sekitar kita.


Referensi : 

hidayatullah dot com


  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami