Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel
Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil - GunaGuna.com. Siapa bilang saat hamil wanita tidak dapat olahraga? Kenyataannya berenang adalah salah satu berolahraga paling baik yang dapat dikerjakan oleh ibu hamil. 

Alasan mengapa ibu hamil pilih berenang lantaran berolahraga itu bikin mereka terasa lebih enteng. Perasaan ini pasti meyenangkan, terlebih untuk wanita yang kehamilannya telah masuk trimester ketiga. 

Tidak cuma itu, berenang juga termasuk berolahraga yang resiko cideranya kecil daripada berolahraga yang lain, wanita hamil juga tidak akan merasa kegerahan. 

Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil


Seperti diambil dari Baby Center, berikut ini adalah manfaat yang lain dari berenang saat hamil : 

1. Memperlancar aliran darah 
2. Tingkatkan manfaat jantung serta paru-paru 
3. Tingkatkan kemampuan serta pembentukan otot. Berenang bisa bikin otot-otot rahim serta panggul lebih kuat hingga dapat mempermudah ibu waktu bersalin. 
4. Menaikkan ketahanan badan 
5. Kurangi pembengkakan waktu hamil 
6. Membakar kalori 
7. Tidur lebih nyenyak 
8. Mengusir lelah 



Sesudah anda mengetahui manfaatnya, pasti Anda tidak akan ragu lagi untuk berenang saat hamil. Namun tetap ada batasan yang harus di ketahui saat berenang dalam kondisi hamil.

Bila ibu saat sebelum hamil telah teratur berenang, kesibukan itu pasti akan tidak jadi maalah bila dilanjutkan saat sudah berbadan dua. Tetapi bila ibu pada awal mulanya tidak atau tidak sering berenang, tanyakan dahulu ke dokter atau bidan. Baiknya ibu janganlah tergesa-gesa berenang. Awalilah dengan pemanasan serta pendinginan. 



Waktu telah didalam air, orang umumnya jadi lupa terasa haus. James M. Pivarnik, Ph. D dari Michigan State University menyampaikan, walau tak ada referensi resmi masalah berapakah banyak air yang perlu diminum ibu hamil waktu berolahraga, baiknya Anda minum satu gelas air saat sebelum berenang. Minumlah satu gelas air tiap-tiap 20 menit sekali waktu lakukan berolahraga  supaya ibu tak dehidrasi. Minum lagi satu gelas air sesudah ibu keluar dari kolam renang. 

Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil


Untuk Anda yang kehamilannya masih di trimester pertama, disarankan berenang 30 menit saja. Berenang baik dikerjakan pagi hari untuk kurangi mual serta muntah yang umumnya nampak di saat itu. Berenang pagi hari dapat juga menaikkan daya tahan ibu untuk melakukan aktivitas selama seharian. 

Sedang untuk ibu yang kehamilannya telah trimester ke-2, tak ada batasan spesifik waktu berenang. Jikalau ada yang diperlukan yaitu pakaian berenang khusus ibu hamil supaya tambah nyaman untuk ibu bergerak. 

Ibu yang kehamilannya telah trimester ketiga, berenang dengan gaya dada dapat berguna. Gaya renang itu bikin badan merasa lebih enteng walau perut telah membesar. Gaya ini dapat juga memperlancar peredaran darah serta kurangi bengkak di kaki. 

Terkecuali gaya dada, gaya lain yang dapat juga dikerjakan ibu waktu berenang yaitu gaya bebas serta punggung. gaya bebas tak bikin ibu keluarkan tenaga terlalu berlebih dibagian pinggang serta perut. Penyusunan pernapasan yang dikerjakan waktu lakukan gaya itu dapat juga menolong ibu melatih pernapasan untuk persalinan. 

Sedang gaya punggung baik dikerjakan bila kehamilan telah masuk trimester ke-2 serta ketiga. Gaya itu bikin badan ibu lebih santai lantaran ibu ada dalam posisi terlentang diatas permukaan air.

Jauhi gaya renang Kupu-Kupu. Karena banyak hentakan tenaga memakai daerah pinggang serta pinggul. Juga banyak kuras tenaga otot perut saat mengangakat tubuh untuk mengambil napas. Keseluruhan gerakan di kuatirkan menyebabkan kurang baik untuk janin.

Demikianlah artikel dari blog GunaGuna.com yang pada kesempatan kali ini membahas tentang Manfaat Dan Gaya Renang Untuk Ibu Hamil semoga dengan membaca artikel dari blog GunaGuna.com, dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk anda.



Referensi :
Wolipop dot detik dot com

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami