40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 3

40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 3
Daftar Isi Artikel
40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 3 - Guna guna. Manfaat shalat berjamaah yang banyak umat Islam menganggapnya sepele. Fakta ini bisa kita saksikan di sekitaran kita. Mereka beranggapan masih bagus masih mau shalat, Sehingga jika tidak shalat berjamaah masih di anggap baik dan tidak apa-apa dan tetap layak memperoleh surga serta ridha Allah. Walau sebenarnya, Nabishallallahu 'alaihi wasallam, dalam shahihain, hingga pernah akan membakar tempat tinggal beberapa teman dekat yang malas berjamaah. Cerita ini semestinya bisa buka mata kita begitu utamanya berjamaah dalam melakukan rukun Islam ke-2 ini.


Manfaat ke–21 : Bebas dari Neraka dan Bebas dari Sifat Nifak

“Siapa yang melakukan shalat berjamaah selama 40 hari, dan ia mendapatkan takbir pertama,...niscaya dituliskan untuknya dua pembebasan; bebas (selamat) dari Neraka dan bebas dari nifak.” (Shahihul Jami’ no.6365)

Manfaat ke–22 : Mendapatkan Shalawat dari Allah dan Para Malaikat

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat atas orang-orang yang shalat (berjamaah yang terdapat) pada shaf-shaf terdepan...Dalam riwayat lain, pada shaf pertama. Dlm riwayat lain pula (disebutkan), (yg tdpt) pada shaf-shaf awal.” (Shahihul Jami’ no.1842)

Manfaat ke–23 : Mendapatkan Rumah di Surga

“Siapa yang mengisi tempat kosong (dalam shaf), niscaya dengannya Allah mengangkat (untuknya) satu derajat...dan membangunkan baginya saturumah di Surga.” (Shahihut Targib wat Tarhib no.505)

Manfaat ke–24 : Mendapatkan Pahala Berjamaah Meskipun Telah Selesai Dikerjakan

“Siapa yang berwudhu kemudian membaikkan wudhunya lalu pergi (ke masjid) dan ia mendapati orang-orang telah selesai shalat,...niscaya Allah (tetap) memberinya pahala orang yang tetap shalat dan menghadirinya secara berjamaah,...pahalanya tidak mengurangi sedikitpun dari pahala mereka.” (Shahihul Jami’ no.6163)

Manfaat ke–25 : Sempurnanya Shalat

Imam adalah yang bertaggung jawab,mu’adzin adalah yang dipercaya.Ya Allah,berilah petunjuk kepada para imam & ampunilah para mu'adzin. (Shahihul Jami’ no.2787)Para ulama berkata, “Imam adalah yang bertannggung jawab maksudnya dialah yang menanggung kesempurnaan shalat para makmum.”(Lihat ‘Aunul Ma’bud 2/152) Ini tentunya berbeda dangan orang yang shalat sendirian. Jika terjadi kesalahan, lupa atau kekurangan, tak seorangpun yang menanggung atasnya.

Manfaat ke–26 : Amal yang Paling Utama

Shalat berjamaah adalah di antara sebab yang menjadikan seseorang melakukan shalat pada awal waktunya atau minimal tepat pada waktunya. Rasulullah SAW ditanya, “Amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Shalat pada awal waktunya.”Dan dlm riwayat Muslim disebutkan, “Amal yg paling utama yaitu shalat pada waktunya & berbuat baik pada ibu bapak” (Shahihu Jami no.1093,1094)

Manfaat ke–27 : Selamat dari Neraka Wail

Shalat berjamaah bisa menjaga seorang muslim dari meremehkan, melalaikan & melupakan shalat. Juga menjaganya dari melakukan shalat diakhir waktu. Bahkan kebanyakan mereka yang meninggalkan shalat, pada awal waktu bisa menyebabkan mereka kelupaan mengerjakan shalat berjamaah. Karena itu, di antara rahmat Allah kepada kita, Dia mensyariatkan shalat lima waktu secara berjamaah.“Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (Al-Ma'un:4-5).

Manfaat ke–28 : Selamat dari Kelalaian

Nabi SAW bersabda, “Sungguh beberapa kaum benar-benar akan menghentikan (kebiasaannya) meninggalkan shalat berjamaah...atau Allah benar-benar akan mengunci mati hati mereka lalu mereka Benar-benar termasuk orang-orang yang lalai.” (Shahih Sunan Ibnu Majah no.646)

Manfaat ke–29 : Doanya Tidak Ditolak

Rasulullah SAW bersabda, “Doa antara adzan dan iqamat adalah tidak ditolak.” (Shahihul Jami no.3408)

Manfaat ke–30 : Persaudaraan, Kasih Sayang dan Persamaan


dengan shalat berjamaah,semua hal tersebut terealisir,yakni ketika orang-orang yang sedang berdiri dalam 1 shaf yang kokoh & lurus,tidak ada perbedaan diantara mereka. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan agar kita meluruskan shaf dan tidak berselisih (bengkok dan berpencar),...seraya menjelaskan bahwa yang demikian itu adalah sebab-sebab bagi bersatunya segenap hati.




40 Manfaat Sholat Bagian 4

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami