40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 4

40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 4
Daftar Isi Artikel
40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 4 - Guna guna. Manfaat shalat berjamaah yang banyak umat Islam menganggapnya sepele. Fakta ini bisa kita saksikan di sekitaran kita. Mereka beranggapan masih bagus masih mau shalat, Sehingga jika tidak shalat berjamaah masih di anggap baik dan tidak apa-apa dan tetap layak memperoleh surga serta ridha Allah. Walau sebenarnya, Nabishallallahu 'alaihi wasallam, dalam shahihain, hingga pernah akan membakar tempat tinggal beberapa teman dekat yang malas berjamaah. Cerita ini semestinya bisa buka mata kita begitu utamanya berjamaah dalam melakukan rukun Islam ke-2 ini.


Manfaat ke–31 : Menjaga Shalat-shalat Sunnah Rawatib dan Dzikir

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang shalat sehari semalam duabelas rakaat niscaya dibangunkan satu rumah untuknya di Surga: ...4 rakaat sblm Dzuhur & 2 rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah Maghrib, 2 rakaat setelah Isya’ & 2 rakaat sebelum Shubuh.” (Shahihul Jami’ no.6362)

Manfaat ke–32 : Memahami Hukum-hukum Shalat

Di antara manfaat shalat berjamaah yaitu ia merupakan kesempatan besar untuk mempelajari sifat-sifat shalat dan mengetahui hukum-hukumnya.Dan itu bisa dilakukan saat masing-masing orang menyaksikan lainnya yang sedang shalat. Atau dengan mendengarkan ceramah-ceramah yang disampaikan di masjid-masjid, juga dengan membaca tulisan-tulisan yang ditempelkan di dalam masjid. Shalat berjamaah juga merupakan kesempatan untuk mengetahui bacaan yang benar serta belajar hukum-hukum tajwid dengan mendengarkan bacaan imam. Adapun orang yang shalat sendirian, maka ia tidak dapat mengambil manfaat sedikitpun dari hal-hal di atas. Bahkan mungkin terkadang ia melakukan kesalahan yang membatalkan shalatnya tetapi ia tidak merasa.

Manfaat ke–33 : Membiasakan Disiplin dan Menguasai Diri

Dalam shalat berjamaah terdapat pengajaran tentang disiplin dan penguasaan diri. Yaitu pada saat mengikuti imam dalam beberapa takbirnya serta dalam pergantian gerakan-gerakan shalat. Pada saat itu ia tidak boleh mendahului gerakan imam, tertinggal dari padanya, membarengi apalagi sampai  melampauinya.

Manfaat ke–34 : Menampakkan Kekuatan Umat Islam dan Membuat Kesal Orang-orang Kafir dan Munafik

Shalat berjamaah menampakkan kekuatan umat Islam sepanjang siang dan malam, juga menampakkan jumlah mereka yang besar. Di samping, ia akan membuat kesal musuh-musuh mereka, dari golongan orang-orang kafir dan munafik. Syaikh Abdurrahman as-Sa'di rahimahullah berkata, “Pengaruh dari konsekuensi amal seorang hamba...akan mendatangkan pahala yang besar bagi dirinya.” (Tafsir as-Sa’di, Surat at-Taubah ayat 120)


Manfaat ke–35 : Memperbaiki Penampilan dan Jati Dir

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid,...makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al-A'raf :31).

Manfaat ke–36 : Saling Mengenaldan Memperkenalkan Diri

Shalat berjamaah merup kesempatan besar untuk saling mengenal & beramah-tamah antar sesama muslim saat bertemu mereka dalam shalat 5 waktu. Shalat berjamaah juga kesempatan bagi para jamaah untuk saling mencari tahu satu sama lain, serta untuk mengetahui tentang situasi & kondisi mereka...sehingga terjadilah kunjungan pada orang sakit, membantu orang yang membutuhkan, berbelas kasih kapada orang yang tertimpa musibah dan sebagainya,... hal-hal yang bisa menguatkan hubungan dan menambah persaudaraan antar sesama muslim.

Manfaat ke–37 : Berlomba-lomba dalam Ketaatan Kepada Allah

Allah berfirman, “Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (Al-Muthaffifin: 26).

Manfaat ke–38 : Terjaganya Kepribadian yang Baik

Sebagian ulama berkata, “Termasuk kepribadian yang baik yaitu menjaga shalat berjamaah...dan senantiasa datang ke masjid saat datang waktu shalat.” (Lihat Al Muru’atu wa Khawarimuha, Masyhur Hasan Salman, hal, 36.)

Manfaat ke–39 : Adanya PerasaancBerdiri dalam Suatu Barisan Jihad

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur.” (Ash-Shaff: 4). Dan tak diragukan lagi, mereka yang telah menjadi satu barisan dalam jihad bila sudah terbiasa dengan shalat lima waktu,...ia akan menjadi sarana bagi ketaatan kepada komandan mereka dalam barisan jihad. Mereka tidak akan mendahului atau mengakhirkan komando-komando pemimpinnya.

Manfaat ke–40 : Menghadirkan Perasaan Apa yang Terjadi pada Zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan Para Sahabatnya

Sesungguhnya shalat berjamaah bisa menghadirkan perasaan bagi yang hidup di zaman akhir dengan apa yang ada pada zaman permulaan Islam. Yakni dengan keadaan para sahabat. Imam merasa bahwa dirinya berada pada maqam (posisi) Rasulullah SAW dalam mengimami para jamaah. Sedangkan para makmum merasa bahwa mereka berada pada maqam sahabat-sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Dan tak disangsikan lagi, adanya keterkaitan orang-orang yang hidupdi akhir zaman dengan pendahulunya di zaman permulaan Islam...merupakan motivator kuat dalam mengikuti salaf dan petunjuk mereka. Alangkah baiknya jika kita melakukan suatu pekerjaan yang dianjurkan lalu kita merasa bhw kita sedang meneladani Nabi SAW & para sahabatnya yang mulia.

Dengan demikian niscaya seseorang akan memiliki motivasi kuat dalam jiwanya sehingga ia bergabung dengan perilaku as-salafush shalih. Dengan demikian ia akan menjadi pengikut as-salafush shalih, baik dalam aqidah, amalan, tingkah laku, maupun manhaj.  Mudah-mudahan kita di berikan kekuatan oleh Allah SWT, untuk istiqomah dalam menjalankan sholat berjamaah amiin..........

40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 1
40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 2
40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 3

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami