1000+ Tanaman Apotik Hidup Tumbuhan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

1000+ Tanaman Apotik Hidup Tumbuhan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh
Daftar Isi Artikel

Tanaman Apotik Hidup Untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman Obat. Tanaman obat keluarga atau umum disingkat Toga adalah tanaman yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah maupun tempat tinggal serta memiliki faedah untuk dijadikan obat-obatan herbal tradisional. 

Tanaman Apotik Hidup Tumbuhan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh


Apakah itu Tanaman Obat?  


Tanaman obat, pohon obat atau tumbuhan obat merupakan segala jenis tumbuhan yang di ketahui mempunyai kandungan senyawa yang berguna serta bermanfaat untuk menghindarkan, memperingan atau mengobati suatu penyakit atau beberapa penyakit sekaligus.

Pemakaian tumbuhan untuk dijadikan sebagai obat herbal sudah dikerjakan mulai sejak jaman prasejarah. Pada jaman dulu manusia begitu tergantung pada tumbuhan yang di ketahui mempunyai dampak dan bisa menjadi obat untuk menangani beragam type penyakit yang diderita oleh manusia. Di Indonesia sendiri nenek moyang kita sudah lama memakai tumbuhan spesifik atau tumbuhan-tumbuhan pilihan yang dijadikan sebagai obat. 

Beberapa ratus type tanaman obat sebenarnya terdapat banyak di sekitar kita, bahkan juga mungkin saja kita sudah sangat familiar dengan tanaman-tanaman itu. Walau demikian banyak di antara kita yang belum tahu mengenai manfaat serta khasiatnya untuk penyembuhan ataupun pencegahan penyakit-penyakit tertentu.


Sejak Kapan Manusia Memanfaatkan Tanaman Obat ?


Pemakaian tanaman menjadi penyembuhan herbal telah dipraktekkan mulai sejak zaman Mesir kuno sekitaran 2500 th. Sebelum Masehi. 

Indonesia mempunyai 30.000 macam tanaman dari keseluruhan sekitar 40. 000 jenis tanaman yang berada di dunia, serta 940 type salah satunya adalah tanaman yang dapat digunakan untuk obat-obatan tradisional dalam kehidupan keseharian kita. 

Hasil dari beberapa riset menunjukkan kalau obat (ramuan) tradisional yang di ramu dari tanaman obat lebih gampang diolah dan diserap oleh badan serta juga tidak terlalu mengakibatkan resiko. Telah banyak negara maju yang mulai menghasilkan obat-obatan dari tanaman herbal.

Sekarang ini makin sedikit orang yang memakai tanaman obat untuk menyembuhkan penyakitnya. Mereka lebih memilih untuk berobat dengan menggunakan obat modern yang memiliki kandungan zat kimia, bahkan ada juga yang sampai berobat hingga ke luar negeri. 

Walaupun sebenarnya jika kita mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia dalam periode yang panjang maka dapat menyebabkan penyakit lainnya. Terlebih lagi penyembuhan / biaya berobat sekarang ini makin mahal, oleh karenanya obat-obatan dari tanaman tradisional ini mungkin dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit Anda.


Kumpulan Tanaman Apotik Hidup Tumbuhan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh



1. Tanaman Obat Daun Dewa

Tanaman Obat Daun Dewa
Daun dewa memiliki kandungan senyawa saponin, flavonoid serta minyak atsiri. Daun dewa bermanfaat untuk menyembuhkan muntah darah serta payudara bengkak. 

Penyembuhan dengan daun dewa dapat dengan cara menggunakan daunnya yang masih fresh yang dihidangkan dengan langsung atau bisa juga menggunakan daun dewa yang berbentuk ekstrak.

Untuk detail tanaman obat daun dewa ini, anda bisa membaca artikel mengenai Daun Dewa Tanaman Obat Untuk Kesehatan Tubuh


2. Tanaman Obat Seledri

Tanaman Obat Seledri
Seledri adalah sayuran hijau yang rendah kalori. Daun seledri memiliki kandungan sekitaran 16 kalori per 100 gr. Dengan daun seledri ini, selain biasanya dipakai dan dijadikan sebagai penambah aroma masakan, dapat juga dipakai menjadi tanaman obat keluarga. 

Seledri memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1 serta zat besi yang lain seperti kalium, mineral serta zat besi.

Anda bisa tahu lebih dalam tentang tanaman obat seledri dengan membaca artikel mengenai Daun Seledri Sebagai Tanaman Obat


3. Tanaman Obat Belimbing Wuluh

Tanaman Obat Belimbing Wuluh
Belimbing sayur atau belimbing wuluh berbeda dengan buah belimbing, belimbing sayur umumnya dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga untuk memasak. 

Pada tiap-tiap sisi dari belimbing wuluh mempunyai manfaat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit serta juga berguna untuk kecantikan. 

Sebagian manfaat dan faedah belimbing wuluh salah satunya untuk menangani sariawan, menghindarkan dari hipertensi, menangani jerawat, menangani panu, menyembuhkan diabetes, menangani sakit gigi, menyembuhkan batuk, melegakan nafas serta mencairkan dahak.

Baca lebih banyak mengenai tanaman obat belimbing wuluh ini di artikel Memanfaatkan Belimbing Wuluh Sebagai Tanaman Obat


4. Tanaman Obat Daun Kelor

Tanaman Obat Daun Kelor
Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyarankan tiap-tiap bayi serta anak-anak pada masa perkembangannya untuk mengkonsumsi daun kelor. 

Bahkan juga WHO mengklaim pohon kelor jadi pohon ajaib karena tanaman ini dapat dijadikan obat yang murah tapi mujarab dalam menghindari serta menyembuhkan banyak penyakit, terutama di negara-negara miskin.

Apakah benar WHO merekomendasikan daun kelor ini? Untuk mengetahuinya, mari kita membaca artikel Memanfaatkan Daun Kelor Sebagai Tanaman Obat.


5. Tanaman Obat Bayam Duri

Tanaman Obat Bayam Duri
Bayam duri adalah satu diantara spesies dari genus Amaranthus. Bayam duri berbeda dengan daun bayam pada umumnya karena teksturnya yang sedikit kasar serta memiliki duri-duri halus. 

Bayam duri banyak tumbuh liar di pekarangan tempat tinggal serta kebun-kebun. Beberapa orang yang meremehkan tanaman ini, walau sebenarnya bayam duri mempunyai banyak khasiat serta manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cari tahu lebih dalam mengenai tanaman obat bayam duri di artikel Memanfaatkan Bayam Duri Sebagai Tanaman Obat.


6. Tanaman Obat Kangkung

Tanaman Obat Kangkung
Kangkung adalah type sayuran yang bisa diketemukan dimana-mana. Anda pasti juga cukup akrab dengan tanaman yang satu ini. Tiap-tiap orang tentu tahu sayuran kangkung. Selain harga nya yang murah, secara fakta ternyata kangkung juga mempunyai banyak khasiat serta manfaat untuk kesehatan tubuh kita. 

Sayuran kangkung memiliki kandungan banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor serta zat besi yang lain.

Lebih banyak tentang kangkung di artikel Memanfaatkan Kangkung Sebagai Tanaman Obat


7. Tanaman Obat Daun Saga Rambat

Tanaman Obat Daun Saga Rambat
Tanaman Saga banyak tumbuh liar di pekarangan tempat tinggal, kebun atau di pinggir jalan. Ada dua type tanaman saga, yakni saga rambat serta pohon saga, tapi umumnya orang mengatakan keduanya dengan nama Saga saja. 

Saga termasuk juga tanaman gulma, serta pada umumnya tanaman saga ini mengganggu tanaman yang lain yang pada dasarnya memang sengaja ditanam. Karena dipandang sebagai tanaman pengganggu, tanaman Saga rambat ini seringkali dibabat habis bahkan juga dibakar habis. 

Walau demikian, daun saga rambat umum digunakan menjadi obat batuk serta obat anti sariawan. Daun saga rambat memiliki kandungan beberapa bahan aktif seperti abrus lactone, glycyrrhizin, asam abrusgenat serta turunan metilnya.

Pembahasan lengkapnya bisa and abaca di artikel Memanfaatkan Daun Saga Rambat Sebagai Tanaman Obat.


8. Tanaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina

Tanaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina
Pacar Cina adalah tanaman asli Asia Tenggara, menyebar di Sumatera, Jawa serta sebagian negara tetangga. Tanaman ini umum ditanam di pekarangan tempat tinggal, ada pula yang tumbuh liar di kebun-kebun yang memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Ingin tahu lebih banyak mengenai tanaman ini, baca selengkapnya di artikel Memanfaatkan Daun Pacar Cina Sebagai Tanaman Obat.


9. Tanaman Obat Landep

Tanaman Obat Landep
Tanaman Landep datang dari daerah Asia Tropis serta daerah Afrika Selatan. Landep pada umumnya tumbuh ditempat yang beriklim kering. Di Indonesia sendiri tanaman Landep bisa didapati di daerah dataran rendah s/d ketinggian 400 meter dari permukaan laut. 

Tanaman Landep termasuk type tanaman perdu, tingginya dapat mencapai 1, 5 – 2 mtr., tidak heran bila tanaman ini ditanam untuk dipakai sebagai tanaman pagar di pekarangan rumah. 

Batangnya berkayu, berbuku-buku serta ada duri pada tiap-tiap ketiak daunnya. Tanaman landep memiliki kandungan beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, saponi, polifenol serta tannin.

Pembahasan lebih banyak akan bisa anda dapatkan pada artikel Memanfaatkan Tanaman Landep Sebagai Tanaman Obat.


10. Tanaman Obat Daun Miana

Tanaman Obat Daun Miana
Tanaman Miana tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1500 mtr. diatas permukaan laut. Tanaman Miana hidup liar serta dapat juga didapati di dataran rendah di sekitaran sungai, pematang sawah, ladang serta kebun-kebun. 

Beberapa orang-orang memelihara tanaman miana ini banyak dijadikan tanaman hias karena warna daunnya cukup indah. 

Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing serta pangkalnya membulat. Permukaan daunnya memiliki rambut, warnanya hijau keunguan serta ditepian daunnya bergerigi.

Yuk baca manfaat tanaman obat daun miana di artikel Memanfaatkan Daun Miana Sebagai Tanaman Obat.


11. Tanaman Obat Temu Lawak

Tanaman Obat Temu Lawak
Temulawak adalah tanaman rempah asli Indonesia.  Tanaman temulawak memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Bagian yang seringkali digunakan yaitu bagian akar atau seringkali juga disebut / dinamakan dengan rimpang. Bagian rimpang itulah yang seringkali dibuat untuk dijadikan sebagai obat untuk beragam penyakit. 

Manfaat dari tanaman temulawak yaitu untuk menangani masalah ginjal, memperlancar pencernaan, menyehatkan jantung, serta melindungi kesehatan hati. Sesungguhnya banyak ragam penyakit yang berbeda yang dapat sembuh dengan mengkonsumsi tanaman obat ini. Terlebih apabila pemakaiannya dipadukan dengan tanaman obat yang lain, pasti khasiatnya juga akan makin terasa.

Bisa untuk apa saja sebenarnya khasiat dari tanaman obat temu lawak ini, anda bisa membacanya di artikel Memanfaatkan Temu Lawak Sebagai Tanaman Obat.


12. Tanaman Obat Lidah Buaya

Tanaman Obat Lidah Buaya
Tanaman obat yang mempunyai bermacam manfaat berikutnya adalah lidah buaya. Yups, bisa juga dikatakan bahwa lidah buaya menjadi tanaman sejuta manfaat karena banyaknya manfaat yang didapatkan dari tanaman ini. Selain fungsi intinya dapat digunakan untuk kesehatan rambut, menyingkirkan jerawat, serta kecantikan, maka tanaman ini dapat juga dipakai untuk mengobati beragam penyakit.

Berikut ini artikel lain tentang tanaman obat lidah buaya pada Memanfaatkan Lidah Buaya Sebagai Tanaman Obat.


13. Tanaman Obat Kumis Kucing

Tanaman Obat Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan. Tanaman obat kumis kucing yang dikenal dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini telah lama di ketahui menjadi tanaman obat yang bermanfaat untuk mengobati beragam jenis penyakit. 

Tanaman ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat ramuan herbal dengan racikan serta ukuran spesifik hingga menjadi obat yang begitu ampuh.

Baca Juga :  Memanfaatkan Tanaman Kumis Kucing Sebagai Tanaman Obat


14. Daun Cincau / Daun Cingcau


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Daun Cincau adalah tanaman oriental yang seringkali di temui di daerah asia khususnya di indonesia, daun ini seringkali di buat untuk dijadikan olahan minuman yang memberikan kesegaran, seperti es campur atau es krim green cincau. Tetapi selain itu daun cincau hijau nyatanya mempunyai segudang khasiat dan manfaat sebagai tenaman obat yang mengagumkan untuk kesehatan, satu diantaranya yaitu sangat baik untuk kesehatan lambung.

15. Sambiloto


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Sambiloto sendiri yaitu tumbuhan liar yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat yakni bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Karena tumbuhan obat sambiloto ini adalah type tumbuhan liar, sambiloto bisa pula di dapatkan di beberapa tempat seperti kebun, pinggir sungai, tanah kosong yang lembab atau pekarangan.

16. Daun Beluntas


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Daun beluntas yang disebut-sebut sebagai satu tanaman kecil yang banyak diketemukan di lokasi yang dekat dengan pantai. Tanaman ini hidup melalui cara yang liar serta bisa secara gampang tumbuh walau mungkin anda tidak berniat membudidayakan daun beluntas ini. Pemakaian daun beluntas ini banyak dipakai jadi obat herbal yang cukup ampuh. Sering digunakan juga sebagai tanaman untuk pagar halaman rumah.

17. Daun Jarak


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Sekarang ini banyak riset mengenai minyak jarak yang bisa dipakai menjadi bahan bakar. Sudah pasti hal semacam ini masih tetap membutuhkan kajian lebih lanjut agar bisa menggantikan bahan bakar dari barang tambang, minyak yang masih tetap sangat diperlukan untuk saat ini. Tetapi dalam artikel ini, akan kita deskripsikan daun jarak ini dengan konsentrasi mengenai manfaat daun jarak untuk kesehatan manusia.

18. Daun Keji Beling


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Daun keji beling adalah tanaman yang begitu popular di kalangan orang-orang terutama orang jawa. Daun keji beling ini umumnya di pakai untuk mengobati penyakit diare, maag dan ginjal. Tanaman keji beling ini telah banyak diproduksi oleh industri obat herbal di indonesia. Selain manfaat daun keji beling untuk menyembuhkan penyakit maag, diare serta ginjal, nyatanya tanaman keji beling memiliki manfaat lainnya.

19. Tanaman Obat Ajeran


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Ajeran memiliki nama latin Bidens pilosa L masih tetap satu kerabat dengan tanaman type Labiatae. Di tiap-tiap daerah tanaman ini memiliki nama yang tidak sama, di Jawa di kenal dengan nama ketul, Sunda : Ajeran Malaysia : Kancing Baju dan lain-lain.

20. Apotik Hidup Akar Alang-Alang


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman yang satu ini telah tak asing lagi karna seringkali dipakai menjadi salah satu diantara bahan untuk membuat obat tradisional. Tanaman ini seringkali jadi gulma untuk tanaman pertanian. Oleh karena itu banyak petani yang mencabutnya maupun menghilangkannya dengan zat kimia.

21. Tanaman Obat Akar Wangi


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman obat yang satu ini telah dapat dibuktikan dan dapat dipakai untuk mengobati beragam jenis penyakit. Nama akar wangi disematkan pada tanaman obat ini karena akar tanaman ini umum dipakai menjadi sumber parfum. Aroma wangi itu diperoleh dari zat atsiri yang terdapat didalam akar tanaman ini.

22. Tanaman Obat Akar Manis


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Masih sama dengan sebelumnya dari type tanaman akar, tanaman obat ini memiliki banyak faedah untuk kesehatan. Akar manis mempunyai nama latin Glycyrrhiza Glabra L telah banyak dipakai oleh orang-orang jaman dulu untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

23.  Tanaman Obat Alpukat


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Mengenai tanaman ini sudah tidaklah perlu diterangkan lagi kan? Ya, buah alpukat dapat dikatakan menjadi buah dengan sejuta manfaat. Buah alpukat ini seringkali dipakai untuk masker kecantikan dan bahan obat. Selain dapat menjadi obat, alpukat juga seringkali di buat minuman juice dengan rasa yang begitu lezat.

24. Pohon Obat Daun Adas


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Untuk orang-orang Jawa terutama daerah Jogja pasti sudah tidak asing lagi dengan daun adas. Masyakat yang tinggal di daerah itu seringkali menanam daun adas di halaman atau belakang tempat tinggalnya untuk menjadi tanaman obat keluarga atau umum dimaksud TOGA.

25. Tanaman Obat Adem Ati


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman obat yang memiliki nama latin Simplisia Litseae glutinosae Radix. Tanaman ini berbentuk tanaman pohon yang dapat tumbuh sampai ketinggian 10 mtr.. Bukan sekedar daunnya, kulit dan akar tanaman ini dapat juga dipakai jadi bahan buat obat.

26. Tanaman Obat Daun Pegagan


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat dan khasiat dari daun pegagan belum juga banyak orang yang mengetahuinya, namun daun ini telah banyak dipakai menjadi obat di beberapa belahan dunia. Tanaman ini banyak didapati di lokasi Asia Tenggara serta Afrika, habitat hidupnya secara umum di pinggir sungai yang tenang.

27. Tanaman Obat Daun Tempuyung


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Daun Tempuyung adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di alam liar. Tanaman ini umum tumbuh di daerah yg tidak terpapar cahaya matahari secara langsung. Bukan sekedar dipakai untuk dijadikan sebagai obat tradisional, daun tempuyung saat ini banyak juga di ekstrak untuk dijadikan obat moderen.

28. Daun Andong Sebagai Tanaman Obat


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Daun andong memiliki ciri daun lebar dengan cakra warna merah kehitaman. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang indah sehingga tidaklah heran banyak dipakai menjadi tanaman hias daun. Bukan sekedar memiliki bentuk daun yang indah, nyatanya tanaman ini memilili bermacam khasiat untuk kesehatan.

29. Tanaman Obat Tradisional Ciplukan


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Apakah anda termasuk generasi yang lahir di th. 90-an? Jika ya, tentu tidak asing dengan buah ciplukan. Yups, buah yang satu ini adalah buah yang tumbuh liar serta dapat diperoleh dengan gratis. Buah dengan nama latin Physalis angulata dapat dengan gampang diperoleh di persawahan atau ladang.

30. Tanaman Obat Bunga Kenop


tanaman obat apotek hidup untuk Kesehatan Tubuh
Bunga kenop sejatinya bukanlah bunga asli Indonesia, bunga ini datang dari Amerika serta Asia. Pada awalnya tanaman ini cuma dipakai sebagai tanaman hias bunga untuk membuat cantik taman depan tempat tinggal. Dengan daun berwarna hijau cerah serta bunga kecil dengan warna ungu menjadikan bunga ini digemari banyak orang.


Apakah artikel kumpulan tanaman obat apotek hidup untuk kesehatan ini hanya sampai di sini ? Jadi gak nyambung dong dengan judul di atas yang menyatakan hingga 1000 lebih tanaman obat ? Tentu tidak, artikel ini hanyalah awal, masih ada update lanjutkan untuk artikel ini.

Selanjutnya anda bisa terus mengikuti update artikel ini untuk mendapatkan informasi selanjutnya mengenai ratusan bahkan hingga ribuan macam-macam tanaman obat yang bisa kita jadikan apotik hidup.

Apabila artikel ini cukup bermanfaat bagia anda, silahkan untuk share artikel Ragam Tanaman Obat ini pada teman dan kenalan anda.

Untuk menyesuaikan apa yang terdapat pada artikel ini, anda bisa juga melakukan konsultasi dengan ahli herbal terpercaya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.



Referensi :
caratanam.com
bintang.com

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami