Inilah Ragam Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Inilah Ragam Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan | Ragam Manfaat. Siapa yang bilang jalan kaki hanya membuat kita capek? Jalan kaki adalah aktivitas paling mudah dan sederhana yang pasti dilakukan orang. Ternyata jalan kaki yang rutin kita lakukan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan


Jalan kaki adalah salah satu olahraga gratis yang mungkin saja dengan cara di sengaja atau tanpa di sengaja pasti akan di lakuakn. Menurut Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, memberikan pujian pada manfaat besar yang diperoleh dari jalan kaki. Selain baik untuk kesehatan fisik, psikologi serta manfaat sosial ya dengan berjalan kaki kita bisa saling mengenal tetangga atau lingkungan sekitar baik di rumah atau lingkungan kantor.

Beberapa bukti nyata seputar jalan kaki adalah : Jalan kaki selama 20 menit setiap hari bakal membakar 7 pound atau 3,5 kg lemak. Jalan kaki lebih lama sepanjang 40 menit yaitu langkah paling baik untuk turunkan berat badan. Jalan kaki cepat dari 20 hingga 25 menit yaitu keadaan paling baik untuk jantung serta paru-paru. 

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Inilah Ragam Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan


Disamping itu tidak sedikit manfaat yang dapat didapat dengan rajin jalan kaki. Berikut ini adalah 8 manfaat jalan kaki yang dapat dilakukan dalam keseharian :

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

1. Menghindari osteoporosis 

Osteoporosis yaitu penyakit tulang yang memiliki sifat-sifat khas berbentuk massa tulang yang rendah, dibarengi mikro arsitektur tulang serta penurunan kwalitas jaringan tulang yang bisa pada akhirnya menyebabkan kerapuhan tulang. Jalan kaki pada pagi hari dapat mencegaha atau mengurangi terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) pada badan anda. Lantaran untuk melindungi kesehatan tulang bukan sekedar diperlukan kalsium serta vitamin D saja, namun juga gerakan tubuh secara detail seperti jalan kaki sekurang-kurangnya 10000 langkah setiap hari serta terpapar cahaya matahari pagi selama 15 menit dalam  sehari. Bila anda kerjakan ini dengan cara teratur, akan membuat tulang anda bakal lebih lama bertahan dari ancaman osteoporosis. 

2. Menolong menurunkan berat badan

Berat badan yang terlalu berlebih mungkin saja menjadi momok untuk sebagian besar orang terutama kaum wanita, lantaran mengurangi good looking bila berat badan yang terlalu berlebih, juga sangatlah punya potensi terjangkit penyakit-penyakit mematikan seperti cholesterol serta jantung. Untuk anda yang mempunyai permasalahan dengan obesitas, berolahraga dengan jalan kaki pada pagi hari yaitu jalan keluar paling baik anda. Ya, jalan kaki pada pagi hari dengan cara teratur bisa membakar kalori pada badan anda lantaran seluruh otot badan bergerak. Pembakaran kalori itu bakal lebih efisien lagi bila anda jalan dengan cepat. Jadi awalilah bangun pagi serta jalan kaki dengan cara teratur. 

3. Menghindari serangan jantung 

Serangan jantung yaitu satu diantara penyumbang paling besar pemicu kematian manusia. Demikian berbahayanya penyakit jantung membuat beberapa orang rela melakukan apapun untuk mengobatinya. Nah, untuk anda yang ingin memiliki jantung yang sehat maka berjalan kakilah setiap hari pada pagi atau sore hari dengan cara teratur. Jalan kaki dengan cara cepat (tergopoh-gopoh) dapat menghindar penyakit jantung yang sangatlah mematikan itu. Jalan kaki dengan cara cepat bakal memperderas aliran darah ke koroner jantung, serta ini sangatlah baik untuk kemampuan jantung lantaran otot jantung memerlukan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberikannya makan) supaya bugar serta berperan normal memompakan darah tanpa ada henti. Dengan keadaan seperti ini oksigen yang diperlukan jantung bakal terpenuhi serta melindungi jantung terus bekerja dengan cara normal. Serangan jantung dapat anda jauhi dengan berolahraga jalan kaki dengan cara tergopoh-gopoh (tak pelan serta tak terlampau cepat). 

4. Turunkan desakan darah serta kolesterol 

Manfaat selanjutnya dengan jalan kaki dengan cara tergopoh-gopoh bakal bikin desakan darah anda jadi rendah serta kurangi pelengketan antarsel darah yang dapat menyebabkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Jalan kaki juga dapat turunkan cholesterol, lantaran waktu badan bergerak (jalan kaki) jadi cholesterol baik (HDL) yang bekerja juga sebagai spons penyerap cholesterol jahat (LDL) bakal bertambah. 

5. Menghindar Diabetes (Kencing Manis) 

Kencing manis (diabetes) tahan 2 umumnya terkena oleh orang yang gemuk. Nah, untuk melindungi supaya kandungan gula pada badan terus stabil anda dapat lakukan jalan kaki setiap pagi serta sore dengan cara teratur. Menggerakkan tubuh dengan cara teratur dibuktikan dapat melindungi kandungan gula pada badan hingga anda tak perlu minum obat diabetes lagi. Jalan kaki yang dinyatakan dapat menghindar diabetes yaitu dengan kecepatan 6 km/jam serta dikerjakan sepanjang 50 menit. (Study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases). 

6. Menghindar stroke 

Sempatkah anda memikirkan bahwa beberapa orang zaman dahulu lebih jarang terjangkit stroke? Diantara sebagian aspeknya yaitu makanan serta gaya hidup mereka yang tidak sama dengan sekarang ini. Mereka (di zaman dulu) nyaris senantiasa jalan kaki untuk bepergian kemana-mana lantaran alat transportasi belum ada, jadi badan mereka lebih bugar serta terlepas dari penyakit stroke. Studi paling baru menyebutkan bahwa jalan kaki 20 jam dalam satu minggu dapat turunkan resiko serangan stroke sejumlah 2/3. 

7. Melindungi kesehatan dan kekebalan badan 

Jalan kaki berguna juga untuk melindungi supaya badan senantiasa sehat serta bugar, serta mempunyai kekebalan yang baik dari pada orang yang sedikit melalukan gerakan (jalan kaki). Jalan kaki 3 kali dalam satu minggu dapat tingkatkan kesehatan serta melindungi system pernafasan dengan cara penting. Dengan keadaan badan yang fit/bugar jadi bakal berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan badan. 

8. Menyingkirkan stres/depresi 

Jalan kaki bisa menolong anda kurangi stres lantaran permasalahan yang anda hadapi. Sepanjang jalan, rasa kecemasan anda perihal kehidupan sehari-hari bakal menyusut lantaran otak melepas endorfin. Hormon endorfin yaitu senyawa kimia yang bisa membuat seorang terasa rileks dan senang. Endorfin di produksi oleh kelenjar pituitary yang terdapat dibagian bawah otak. Hormon ini melakukan tindakan seperti morphine, bahkan juga disebutkan 200 kali semakin besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine dapat menyebabkan perasaan suka serta nyaman sampai bikin seorang tambah energi.



Ternyata cukup banyak ya manfaat jalan kaki untuk kesehatan kita, di balik jalan kaki mudah di lakukan baik sengaja maupun tidak, tapi bila di lakukan dengan cara rutin hasilnya sungguh luar biasa.

Demikianlah artikel dari blog gunaguna yang pada kesempatan kali ini membahas tentang  Inilah Ragam Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan, semoga dengan membaca artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.



Referensi  : constiti(dot)com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Ragam Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel