40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 1

40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 1
Daftar Isi Artikel
40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 1 - Guna guna. Banyak umat Islam yang menganggap sepele masalah shalat berjamaah. Fakta ini bisa kita saksikan di sekitaran kita. Mereka beranggapan masih bagus masih mau shalat, Sehingga jika tidak shalat berjamaah masih di anggap baik dan tidak apa-apa dan tetap layak memperoleh surga serta ridha Allah. Walau sebenarnya, Nabishallallahu 'alaihi wasallam, dalam shahihain, hingga pernah akan membakar tempat tinggal beberapa teman dekat yang malas berjamaah. Cerita ini semestinya bisa buka mata kita begitu utamanya berjamaah dalam melakukan rukun Islam ke-2 ini.



Bila mencermati hadits-hadits yang terkait dengan shalat berjamaah, mungkin kita bisa menyimpulkan sendiri kalau hukum shalat berjamaah “nyaris” harus. Bagaimana tidak, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan kalau cuma ada tiga hal yang bisa jadi alasan untuk kita untuk meninggalkan shalat berjamaah ; hujan deras, sakit, serta ketiduran. Diluar itu, beliau bakal begitu murka lihat umat Islam meremehkan shalat berjamaah.
Perhatian besar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ini cukup beralasan. Lantaran didalam shalat berjamaah ada banyak hikmah serta faedah untuk umat Islam, baik untuk maslahat dien, dunia, serta akhirat mereka. Di bawah ini sebagian hikmah serta manfaat umat Islam dari shalat berjamaah.




Manfaat ke–1 : Mematuhi Perintah Allah

Allah berfirman, “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku'lah BERSAMA orang-orang yang ruku'.” (Al-Baqarah: 43).

Manfaat ke–2 : Sebagai Saksi Keimanan

Allah berfirman, “Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,...serta tetap mendirikan sholat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah,...maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (At Taubah: 18).

Manfaat ke–3 : Mendapatkan Tazkiyah (Pernyataan Kesucian) dan Anugerah Besar dari Allah

Allah berfirman, “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut namaNya di dalamnya,...pada waktu pagi dan waktu petang, laki2 yg tdk dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah,...mendirikan shalat, dan membayarkan zakat.Mereka takut pada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang...(Mereka mengerjakan yg demikianitu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dgn balasan) yg lbh baik dr apa yg tlh mereka kerjakan,..dan supaya Allah menambah karuniaNya kpd mereka. Dan Allah memberi rizki kpd siapa yg dikehendakiNya tanpa batas.” (An-Nur: 36-38).

Manfaat ke–4 : Mengagungkan dan Menekankan 

Apa yang diagungkan dan Ditekankan Oleh Rasulullah Dalam QS An-Nisa':102, Rasulullah beserta sahabat tetap sholat berjamaah walaupun dlm keadaan perang. Begitu pentingnya sholat berjamaah dalam keadaan perang pun Rasulullah tidak meninggalkan sholat berjamaah. Bahkan Rasulullah tetap memerintahkan kpd sahabat yang buta tetap sholat di masjid walaupun jauh dan tdk ada yg menuntunnya. Orang yang buta saja tidak ada keringanan, bagaimana dengan kita yang masih diberi nikmat keadaan tubuh yg msh normal.

Manfaat ke–5 : Mematuhi Perintah Rasul shallallahu 'alahi wasallam

Nabi bersabda, “Siapa yg mendengar adzan lalu tdk mendatanginya (untuk shalat berjamaah),...maka tidak ada shalat baginya kecuali udzur.” (Lihat Shahihul Jami’ (6300)) 

Manfaat ke–6 : Selamat Karena Mengikuti Rasul shallallahu 'alaihi wasallam

 Allah berfirman, “Dan jika kamu ta'at kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk.” (An Nur:54). “Katakanlah, 'Jika kamu (benar2) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi & mengampuni dosa2mu.... "(Ali Imran : 31). Dan Rasulullah bersabda, “Segenap umatku akan masuk Surga kecuali orang yang tidak mau...Siapa yang mentaatiku pasti masuk Surga dan siapa yang mendurhakaiku maka dia tidak mau (masuk Surga).” (HR. al-Bukhari).

Manfaat ke–7 : Sholat Berjamaah Termasuk Sasaran Islam yang Agung

Banyak nash2 yg menyeru ditegakkan & dijaganya jamaah (persatuan), sebaliknya melarang perpecahan & menjauhi jamaah umat Islam. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Tangan Allah bersama jamaah (umat Islam).” (HR at-Tirmidzi).“Berjamaah (bersatu)adalah rahmat dan perpecahan adalah adzab.”Krn itu, banyak ibadah yg disyariatkan scr berjamaah agar maksud agung drpdnya (persatuan) benar2 menghujam dlm jiwa segenap umat Islam. Seperti: Ibadah haji, puasa ramadhan, shalat Jum'at, shalat berjamaah, shalat pada dua hari raya, tarawih dsb.

Manfaat ke–8 : Mengagungkan dan Menampakkan Syi'ar Allah

“Demikianlah (perintah Allah). Dan brgsiapa mengagungkan syi'ar2 Allah, mk sesungguhnya itu timbul dr ketakwaan hati. (Al-Hajj: 32).

Manfaat ke–9 : Termasuk Sunnah-sunnah Petunjuk

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam telah mengajarkan kepada kita jalan-jalan petunjuk....Dan di antara jalan-jalan petunjukitu adalah shalat di masjid yangdikumandangkan adzan di dalamnya.” (Diriwayatkan olehMuslim)

Manfaat ke–10 : Lebih Utama dari Shalat Sendirian

Rasulullah SAW bersabda, “Shalat berjamaah itu lebih utama 25 derajat daripada shalat sendirian.” (HR. al-Bukhari). Dalam riwayat lain disebutkan,“(Lebih utama) 27 derajat.”






40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 4




  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami