40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 2

40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 2 - Guna guna. Banyak umat Islam yang menganggap sepele masalah shalat berjamaah. Fakta ini bisa kita saksikan di sekitaran kita. Mereka beranggapan masih bagus masih mau shalat, Sehingga jika tidak shalat berjamaah masih di anggap baik dan tidak apa-apa dan tetap layak memperoleh surga serta ridha Allah. Walau sebenarnya, Nabishallallahu 'alaihi wasallam, dalam shahihain, hingga pernah akan membakar tempat tinggal beberapa teman dekat yang malas berjamaah. Cerita ini semestinya bisa buka mata kita begitu utamanya berjamaah dalam melakukan rukun Islam ke-2 ini.


Manfaat ke–11 : Lebih Suci di Sisi Allah Dari pada Shalat Sendiri-sendiri

Nabi SAW bersabda, “Shalat 2 orang laki2 dengan salah seorang dari mereka menjadi imam adalah lebih suci disisi Allah daripada shalat 4 orang secara sendiri-sendiri...Shalat 4 orang dengan salah seorang dari mereka menjadi imam adalah lebih suci di sisi Allah dari pada shalat delapan orang secara sendiri-sendiri...Dan shalat 8 orang dengan salah seorang dari mereka menjadi imam adalah lebih suci disisi Allah daripada shalat 100 orang secara Sendiri-sendiri (Shahihul Jami’ no.3836)

Manfaat ke–12 : Menjaga Diri dari Setan

Nabi SAW bersabda, “Tidaklah 3 orang berada disuatu desa/dusun dan mereka tidak mendirikan shalat (berjamaah) kecuali, mereka telah dikuasi oleh setan. Karena itu, hendaklah kalian selalu berjamaah. Sungguh srigala itu hanya makan hewan piaraan yang jauh dari gerombolan kawan2nya.(Shahihul Jami’ no.5701)

Manfaat ke–13 : Jauh dari Menyerupai Orang-orang Munafik

Rasulullah SAW bersabda, “Tak ada shalat yang lebih berat menurut orang-orang munafik melebihi (beratnya) shalat Shubuh dan Isya’...Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjamaah) meskipun dengan merangkak…” (Muttafaq 'alaih).

Manfaat ke–14 : Di Antara Sebab Diampuninya Dosa-dosa

Nabi SAW bersabda, “Jika imam mengucapkan, 'Ghairil maghdhubi ‘alaihim waladh dhallin,' maka ucapkanlah, 'amin,' ..karena sesungguhnya siapa yang mengucpkan amin-nya bersman dengan ucapan malaikat,niscaya ia akan diampuni  dari dosa2nya yang telah berlalu.”(Muttafaq'alaih). Nabi SAW bersabda,“Siapa yang berwudhu untuk shalat dan ia menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan (untuk menunaikan) shalat wajib ... dan ia shalat bersama manusia atau bersama jamaah masjid, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Muslim).  

Manfaat ke–15 : Di Antara Sebab Ta'ajub Allah subhanahu wata'aala

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah ta'ajub pada shalat (yang dilakukan) secara berjamaah.” (Shahihul Jami’ no.1820)

Manfaat ke–16 : Berpahala Besar Karena Berjalan Untuk Menunaikannya 

“Siapa yg pergi menuju masjid & pulang darinya niscaya Allah menyediakan tempat tinggal baginya di Surga setiap kali ia pulang-pergi.” “Berilah kabar gembira kepada para pejalan kaki di kegelapan ke masjid2 dengan cahaya yang sempurna di hari Kiamat.” (Shahihul Jami’ no.2823) “Siapa yang berjalan untuk shalat fardhu berjamaah maka ia laksana haji... Dan siapa yang berjalan untuk (shalat) sunnah maka ia seperti umrah sunnat.” (Shahihul Jami’ no.6556) “Ada 3 gol manusia yang berada di bawah jaminan Allah subhanahu wata'aala : Laki-laki yang keluar ke masjid di antara masjid-masjid Allah,... laki-laki yang keluar untuk berperang di jalan Allah, dan laki-laki yang keluar untuk menunaikan haji.” (Shahihul Jami’ no.3051) “Siapa yang berangkat ke masjid (untuk) berjamaah maka langkah (yang satu) menghapus satu keburukan...dan langkah (yang lain) menuliskan baginya satu kebaikan, saat pergi dan kembali.” (Shahihut Targib wat Tarhib no.298) “Siapa yang mandi sebersih-sebersihnya pada hari jum'at dan(membiasakan) mandi, lalu ia datang pagi-pagi dan bersegera,...ia tidak naik (kendaraan) tetapi berjalan, dan ia dekat dengan imamlalu ia mendengarkannya, ia pun tidak berbuat sia-sia,...niscaya pada setiap langkah yang ia ayunkan pahalanya (sama dengan pahala) 1 tahun dr ibadah puasa & shalat. ”(Shahihut Targib wat Tarhib no.690)

Manfaat ke–17 : Berkumpulnya para Malaikat Pada Waktu Shalat Shubuh dan Ashar serta Permohonan Ampun Bagi mereka yang Hadir

"Para malaikat mlm & malaikat siang bergantian menyertai kalian & mereka berkumpul pada saat (diselenggarakan jamaah) shalat Shubuh & Ashar... Lalu malaikat yg sdh menyertai kalian naik (ke langit), & mereka ditanya oleh Tuhan mereka, padahal Dia lebih mengetahui daripada mereka,...bagaimana keadaan hamba-hambaKu yang kalian tinggalkan?...Mereka menjawab, Kami meninggalkan mereka sedang dalam keadaan shalat dan kami mendatangi mereka sedang dalam keadaan shalat (juga).”

Manfaat ke–18 : Seperti Shalat Separuh Malam atau Sepanjang Malam

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang shalat Isya’ secara berjamaah, maka seakan-akan ia shalat separuh malam....Dan siapa yang shalat Shubuh secara berjamaah, maka seakan-akan ia shalat sepanjang malam.” (HR. Muslim).

Manfaat ke–19 : Berada dalam Jaminan Allah

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang shalat Shubuh secara berjamaah maka ia berada dalam jaminan Allah.” (Shahihut Targib wat Tarhibno.418)

Manfaat ke–20 : Berada dalam Naungan Allah Pada Hari Kiamat


7 golongan manusia yang Allah akan menaunginya pada hari Kiamat saat tiada lagi naungan kecuali naungan-Nya…laki-laki yang hatinya senantiasa bergantung pada masjid2.




40 Manfaat Sholat Bagian 4

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40 Manfaat Shalat Berjamaah Bagian 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel