50 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan - Yang Bertubuh Gemuk Harus Tahu

50 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan - Yang Bertubuh Gemuk Harus Tahu
Daftar Isi Artikel
Manfaat Buah Pisang Bagi KesehatanGuna Guna. Pisang yaitu satu diantara tumbuhan tropis yang sepanjang tahun berbuah dengan rasa yang manis serta memberikan kesegaran bagi yang menikmatiknya. Manfaat buah pisang bagi kesehatan begitu besar lantaran kandungan mineralnya yang bermacam ragam. Banyak daerah di Indonesia bahkan juga menjadikan makanan yang berbahan baku pisang ini sebagai penganan pokok keseharian. Melalui kesempatan kali ini kita bakal mengulas sebagian kandungan serta manfaat buah pisang bagi kesehatan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pohon pisang disinyalir datang dari negara Malaysia serta mulai berkembang sekitaran 4000 tahun yang lalu. Dari Malaysia, pisang menyebar ke semua dunia lewat Filipina serta India. Dari catatan histori yang ditulis oleh tentara Alexander Agung pada th. 327 SM, beberapa orang telah mulai menanam pisang pada era itu untuk berbagai keperluan. 

Pisang dikenalkan ke Afrika oleh pedagang Arab kemudian diketemukan oleh penjelajah Portugis pada th. 1482 Masehi lalu membawa buah ajaib ini ke negara Amerika, tempat di mana sebagian besar pisang dari beragam type di dihasilkan sekarang ini. 

Pada abad ke-19 beberapa orang di Amerika Serikat sudah mengetahui manfaat pisang dengan begitu baik, pada waktu itu buah pisang ini sudah dikonsumsi oleh semua kelompok terlebih oleh sebagian orang yang hidup di pesisir serta di dekat pelabuhan.



Kandungan serta Nutrisi Buah Pisang 

Manfaat buah pisang didapat dari kandungan nutrisinya yang mengagumkan. Bukan sekedar buahnya yang bisa jadi sumber daya namun juga bagian-bagian dari pohonnya dapat juga bisa digunakan, seperti jantung pisang yang bisa kita gunakan untuk sayuran serta daunnya yang bisa jadikan sebagai pembungkus makanan tradisional. 

Di Papua, batang pohon pisang bahkan juga bisa di proses jadi sumber makanan yang sangat bermanfaat. 

Adanya kebiasaan mengkonsumsi buah pisang sehari-hari begitu bermanfaat bagi kesehatan terlebih oleh mereka yang menanggung derita konstipasi. Beberapa dokter juga kerap merekomendasikan Ibu hamil supaya sering makan pisang. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil antara lain untuk memperoleh penambahan nutrisi seperti kalsium, asam folat, nitrogen serta kalium.  


Pohon pisang disinyalir datang dari negara Malaysia serta mulai berkembang sekitaran 4000 tahun yang lalu. Dari Malaysia, pisang menyebar ke semua dunia lewat Filipina serta India. Dari catatan histori yang ditulis oleh tentara Alexander Agung pada th. 327 SM, beberapa orang telah mulai menanam pisang pada era itu untuk berbagai keperluan.


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Badan 

Sebagai tanaman yang gampang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, buah pisang ini begitu gampang diketemukan serta berikan manfaat pada orang-orang, mengkonsumsi buah pisang sehari-hari begitu baik bagi metabolisme pada badan. Rasa-rasanya yang creamy serta manis bikin buah tropis yang satu ini jadi favorite kebanyakan orang, dari bayi hingga orang lansia (lanjut usia).



1.  Membantu Membangun Otot Lengan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Apabila anda sudah selesai latihan atau berolahraga, anda merasakan seperti otot anda sakit atau tidak cukup cepat dalam pertumbuhan, anda mungkin tidak cukup mendapatkan magnesium dalam diet Anda. Nah disinilah letak manfaat buah pisang bagi kesehatan anda. Sebuah sumber yang baik dari magnesium, buah pisang dapat membantu kontraksi otot dan relaksasi serta sintesis protein - yang pada gilirannya mampu untuk meningkatkan massa otot. Bonus tambahan: asupan magnesium membantu meningkatkan lipolisis, suatu proses dimana tubuh Anda melepaskan lemak dari tempat penumpukannya. Salah satu cara yang menyenangkan untuk mendapatkan magnesium Anda yaitu dengan cara membuat teh pisang. Yang anda perlukan hanya merebus air, memotong kedua ujung pisang (masih dalam kulitnya) dan didihkan selama 7-10 menit. Kemudian tiriskan dan minum sebelum tidur. Atau bisa juga anda konsumsi sebelum tidur, sehingga anda akan mendapatkan manfaat makan pisang sebelum tidur.






2.  Membantu Memulihkan Tubuh Dengan Cepat

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Kalium yang terdapat dalam buah pisang membantu otot Anda pulih dari latihan ataupun olahraga, memperkuat perkembangan otot pada tubuh sehingga dengan manfaat buah pisang bagi kesehatan kali ini dapat memungkinkan Anda untuk bekerja lebih lanjut.



3.  Anda Dapat Merasa Lebih Cepat Bahagia

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Buah Pisang tidak hanya terlihat seperti sebuah senyuman; namun mereka memang benar-benar memberikan senyuman kepada orang yang mengkonsumsinya, karena mengandung vitamin B9, alias folat, nutrisi yang dapat melawan depresi dengan meningkatkan substrat yang memiliki sifat antidepresan. (Dengan kata lain, hal ini membantu serotonin, zat kimia yang memberikan perasaan baik dan bahagia akan masuk ke dalam otak lebih cepat.) Penelitian telah menunjukkan suatu kejadian peningkatan defisiensi folat pada 50% pasien dengan depresi, dan beberapa dokter menyarankan meningkatkan asupan folat jika Anda mengambil anti-depresan, untuk meningkatkan efek mereka.



4.  Buah Pisang Mengurangi Stress dan Rasa Cemas

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Selain vitamin B9 yang mampu meningkatkan suasana hati, buah pisang juga memiliki triptofan, "prekursor untuk serotonin," kata Bjork, "dan serotonin mungkin bahan kimia otak yang paling penting karena merupakan alami anti-depresan dan dapat mengobati kecemasan dan insomnia, serta masalah suasana hati lainnya seperti kelelahan, lekas marah, agitasi, kemarahan, dan agresi. Pisang juga memiliki norepinephrine, yang mengatur "'fight or flight respon,' yang membantu mengatur stres. Mereka optimal, alami, cara real untuk mempromosikan suasana hati positif dan membantu mencegah depresi, "lanjutnya. "Untung kita tidak perlu resep yang macam-macam!" Sungguh manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh anda memang sangat menakjubkan.



5.  Membuat Tidur Anda Menjadi Lebih Baik

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Hal ini juga karena "trytptophan," kata Cassie Bjork, RD, LD dari Simple Life Healthy. "Ini adalah prekursor untuk melatonin, yang mempromosikan relaksasi dan membantu mengatur tidur." Dengan makan buah pisang sebelum tidur sama saja anda meminum satu pil sebelum tidur. Anda akan merasakan manfaat makan pisang sebelum tidur.



6.  Dapat Mengatasi Perut Kembung

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Untuk melakukan perlawanan terhadap gas dan air bisa dengan menggunakan buah pisang. Ternyata gas dan air retensi terhadap buah pisang dan banyak digunakan sebagai manfaat pisang untuk diet. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang makan pisang dua kali sehari sebagai camilan sebelum makan selama 60 hari, maka seringnya terjadi perut kembung berkurang 50 persen! Mengapa? Buah pisang yang meningkat mampu mengasapi-memerangi bakteri dalam perut, dan itu juga merupakan sumber kalium yang baik, yang dapat membantu mengurangi retensi cairan di dalam tubuh.



7.    Buah Pisang Mampu Untuk Membakar Lemak

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaaat buah pisang bagi kesehatan kali ini yaitu untuk membakar lemak. Buah pisang memiliki 12 mg kolin, peledakan lemak oleh vitamin B yang bekerja langsung pada gen yang menyebabkan penyimpanan lemak di perut. (Salah satu alasan peminum berat memiliki perut kembung adalah bahwa alkohol menghabiskan kolin nya, menyebabkan kenaikan berat badan di sekitar hati.) Anda juga dapat menemukannya di daging tanpa lemak, makanan laut dan collard hijau. Makanan tinggi kolin merupakan bagian penting untuk melakukan diet (bisa juga dengan sarapan hash dengan ubi jalar dan telur segar pertanian) menjadi uji panelis Morgan Minor dalam mencari keabsahan dalam sarapan, dan setelah berjalan hanya 3 minggu pada program, wanita pemadam kebakaran tersebut kehilangan 11 pon dan 4 inci dari pinggang! Apakah ini termasuk manfaat pisang untuk diet? Anda bisa mencobanya dan mulai merutinkan nya.





8.  Menstabilkan Gula Darah

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

"Pisang adalah sumber nutrisi untuk banyak alasan!" Kata Bjork. Wajar saja apabila manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh sangat dirasakan bagi yang mengkonsumsinya. "Saya mendorong mengkonsumsi protein dan lemak sehat dengan buah pisang untuk memperlambat penyerapan gula dari pisang ke dalam aliran darah Anda. Ini adalah strategi yang paling efektif untuk menjaga kadar gula darah stabil, yang berarti tingkat energi yang konsisten dan penurunan berat badan (karena kadar gula darah yang stabil memungkinkan pankreas untuk mensekresikan glukagon, hormon pembakar lemak!) " 



9.  Mengurangi Efek Mengidam

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Ini adalah point lain manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yaitu menjaga gula darah Anda agar tetap stabil, salah satu dari kami makan makanan klasik ini merupakan kiat penurunan berat badan, sungguh adalah tidak benar sama apabila anda makan pisang secara berlebihan! Makan pisang di antara waktu makan berarti kurang menjaga pola makan, dan tidak lebih rakus laksana monyet mencari makan di dalam laci makanan ringan.



10.  Mengatasi Rasa Kenyang Yang Berlebihan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Dalam kondisi setengah matang, pisang kaya akan sesuatu yang disebut pati resisten, sama seperti namanya, secara harfiah manfaat buah pisang bagi kesehatan kali ini yaitu menolak proses pencernaan. Ini merupakan turunan dari bakteri usus yang sehat, yang menekan nafsu makan dan menyebabkan oksidasi lemak lebih efisien. Bahkan, satu studi menemukan bahwa mengganti hanya 5 persen dari karbohidrat hari ini dengan sumber pati yang resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 30 persen! Sebaiknya baik untuk menambahkan buah pisang ke campuran makanan lain. Manfaat buah pisang untuk penurunan berat badan bisa dilakukan dengan buah-buahan lain dan sayuran untuk menutupi rasa dominan dari buah pisang juga bisa dijadikan siasat bagi yang tidak terlalu doyan buah pisang.



11.  Mengurangi Tingkat Kolesterol

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Jika Anda baru saja makan di KFC atau restoran makan cepat saji lainnya, Anda mungkin sudah mengkonsumsi lemak-trans jenis lemak yang meningkatkan LDL Anda alias kadar kolesterol ("buruk"). Sebelum Anda mendapatkan Lipitor, anda bisa mengambil pisang. Mereka mengandung pitosterol, yang merupakan senyawa yang memiliki efek penurun kolesterol LDL, menurut sebuah studi dalam The Journal of Nutrition. Selain itu, "Pisang mengandung Vitamin B6 yang penting untuk kesehatan hampir semua-hati, kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, dan fungsi sistem saraf," kata Bjork. Berbicara tentang makanan cepat saji, melihat bagaimana Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi makan makanan kesenangan Anda menggunakan daftar penting ini.



12.  Membantu Meringankan Pencernaan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Apakah Anda terus-menerus merasa ... tidak benar setelah makan? Dari menemukan tanpa alas an yg jelas diri Anda menyalahkan binatang peliharaan? Manfaat buah pisang bagi keesehatan kali ini dapat membantu pencernaan anda yang buruk. Mereka sumber yang sangat baik dari prebiotik, karbohidrat pencerna yang bertindak sebagai makanan untuk bakteri usus yang baik (probiotik) dan meningkatkan pencernaan-karena mengandung fructooligosaccharides, sekelompok molekul fruktosa yang mengarah pada kesehatan pencernaan yang lebih baik .



13.  Membantu Pengeluaran Anda Menjadi Teratur

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Jika Anda memiliki anak-anak, Anda mungkin sudah tahu trik ini: serat yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus. Dengan 3 gram serat tidak larut, mereka membantu Anda mendorong keluar limbah yang lebih baik dengan membuat tinja lebih mudah untuk keluar. Apakah anda pernah merasakan manfaat buah pisang untuk kasus seperti ini? Bonusnya buah pisang ini juga membantu kita ketika melakukan hal-hal bodoh: "Manfaat buah pisang bagi kesehatan bisa meredakan diare, dan mereka juga mengandung probiotik yang pada dasarnya 'makanan' untuk mikroba sehat (probiotik) yang hidup di usus kita," kata Isabel Smith, MS RD CDN, pendiri Isabel Smith Nutrition. 



14.  Tulang Anda Akan Tumbuh Menjadi Lebih Kuat

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Meskipun pisang tidak mengandung banyak kalsium yaitu kurang dari 1% dari asupan kalsium Anda sehari-hari yang direkomendasikan namun dengan manfaat buah pisang dapat membantu mempromosikan penyerapan kalsium dengan bantuan fructooligosaccharides prebiotic yang terkandung dalam buah pisang. Seperti fructooligosaccharides fermentasi dalam saluran pencernaan, mereka meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium, menurut sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition.



15.  Membuat Anda Memiliki Energy Lebih

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kali ini sangat dirasakan bagi para olahragawan. Ada alasan bagi para pelari maraton mengkonsumsi pisang sebelum (dan selama, dan setelah) lomba: Pisang kaya akan glukosa, sumber yang paling mudah dicerna gula yang akan memberikan energi yang optimal untuk menjalankan aktivitas. Makan satu buah pisang ketika latihan / olahraga dapat membantu dengan cepat mengisi ketersediaan energi yang terkuras selama sesi keringat yang sulit saat latihan atau olahraga.






Demikian lah 15 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh yang merupakan bagian pertama dari seri 50 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca blog gunaguna. Jika artikel ini anda rasakan bermanfaat bagi anda dan orang-orang terdekat anda, silahkan anda share kepada orang-orang terdekat anda tersebut. Semakin banyak yg membaca akan lebih banyak juga manfaat yang dapat di ambil dan dirasakan.



Reff :
manfaat buah pisang, manfaat buah pisang bagi kesehatan, manfaat buah pisang untuk ibu hamil, manfaat buah pisang untuk pria, manfaat makan pisang sebelum tidur, manfaat pisang untuk diet, manfaat pisang bagi kecantikan, manfaat buah pisang kepok, manfaat pisang ambon, manfaat buah pisang untuk ibu hamil, kegunaan anggrek



  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami