11 Jenis Daun Apotik Hidup untuk Kesehatan Tubuh Part 1

11 Jenis Daun Apotik Hidup untuk Kesehatan Tubuh Part 1
Daftar Isi Artikel

Tanaman Obat apotik hidup untuk kesehatan tubuh

Daun banyak dimanfaatkan sebagai apotik hidup dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bagaimana dengan sahabat gunaguna kali ini, apakah sepakat dengan pendapat tersebut?

Semoga kita semua tetap dianugerahi kesehatan dalam melakukan aktivitas harian kita. 

Berikut ini gunaguna akan membahas dedaunan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jenis daun apotik hidup pada bagian pertama ini akan kita ketengahkan sebelas macam daun yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


1. Daun Afrika


Tanaman Obat apotik hidup daun afrika
Apotik Hidup Daun Afrika

Daun afrika yang mempunyai nama latin vernonia amygdalina ini sudah dibuktikan oleh riset dalam ataupun luar negeri menjadi tanaman obat sehingga layak untuk kita masukkan ke dalam kelompok apotik hidup kita kali ini. Banyak yang memperkirakan kalau tanaman obat ini datang dari daerah Afrika Barat akan tetapi saat ini daun afrika bisa diketemukan di semua sisi Afrika . 

Daun afrika adalah tanaman tropis yang banyak mempunyai faedah yang menarik. Tanaman ini tidak beracun hingga aman dikonsumsi serta punya potensi menjadi tanaman penyembuh beberapa jenis penyakit. 

Dalam Bahasa Inggris, daun afrika dikatakan sebagai bitter leaf karena rasa-rasanya yang pahit. Di Afrika daun ini biasanya dipakai menjadi kombinasi sup ataupun masakan penting yang menjadi budaya asli penduduk setempat.

Daun yang dipandang bisa mengobati berbagai penyakit ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk badan seperti vitamin, asam lemak, zat anti oksidan, asam fenolat, zat anti inflamasi, dan sebagainya. 

Hingga tanaman ini mempunyai banyak kegunaan untuk manusia, dan biasanya dibentuk menjadi herbal kesehatan ataupun penyembuhan.


2. Daun Adas


Tanaman Obat apotik hidup daun adas
Apotik Hidup Daun Adas
Beda halnya dengan daun afrika. Daun adas telah popular di kelompok penduduk Indonesia, terutama bagi penduduk di Pulau Jawa. 

Manfaat daun yang satu ini telah teruji untuk menangani beberapa jenis penyakit yang menyerang badan. Tanaman adas sangat gampang untuk ditanam di seputar rumah menjadi tumbuhan obat buat keluarga Anda, hingga tanaman adas ini bisa kita masukkan dalam daftar apotik hidup.

Sisi dari tanaman adas yang seringkali dipakai dalam pembuatan jamu tradisionil yaitu daunnya. Anda akan dengan mudah memperolehnya dari penjual jamu. 

Daun adas sering digunakan untuk dijadikan bahan rempah untuk olahan masakan. Rutinitas itu membuat manfaat daun ini untuk kesehatan tubuh sering dilupakan. Perihal yang perlu Anda kenali dari daun adas ini yakni khasiatnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun ini memiliki kandungan minyak atsiri, niacin, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, pinen, limonene, anetol, dipenten, air, magnesium, potassium, gula, kalsium, zat besi, serta ada banyak lagi yang lainnya dalam kandungan gizinya.


3. Daun Asam


Tanaman Obat apotik hidup daun asem
Apotik Hidup Daun Asem
Bila Anda menyukai minuman tradisional yang biasanya berperan menjadi obat yang bernama jamu, tentunya Anda akan mengetahui mengenai salah satu jamu bernama sinom. Minuman ini begitu mudah dibanding type jamu yang lain yang merasa pahit.

Umumnya sinom banyak diminum untuk penetralisasi minum jamu yang pahit serta bahkan juga banyak anak kecil yang menyukai dengan minuman manis yang satu ini. 

Tahukah Anda jika sinom datang dari daun asam, walau memang tidak seperti jamu biasanya, akan tetapi kandungan daun asam banyak sekali serta baik untuk badan. Itu lah kenapa daun asam ikut dijadikan bahan jamu atau minuman obat tradisionil Indonesia. Faedah daun asam antara lain seperti berikut : 

1. Menolong pengobatan malaria 

Malaria dikarenakan oleh nyamuk Anopheles betina yang membawa plasmodium falciparum, serta dikarenakan daun asam mempunyai ekstrak mengobati serta antibakteri, dengan mengkonsumsi daun asam jawa bisa menghalangi perubahan plasmodium falciparum. 

2. Menyembuhkan sakit kuning serta dibetes 

Penyakit kuning serta diabetes begitu terkait erat dengan manfaat hati serta empedu. Daun asam bisa melakukan perbaikan manfaat hati. Bila diabetes memerlukan insulin, daun asam akan menolong merangsang produksi insulin ke darah, akan menolong empedu dan menyaring darah lebih baik hingga mmpu untuk mengobati penyakit kuning. 

3. Menangani gigi serta gusi berdarah 

Bila Anda mengalami sariawan, gusi berdarah serta karies gigi, hal tersebut disebabkan tidak cuma oleh kondisi rongga mulut saja yang kotor, akan tetapi disebabkan juga karena Anda kekurangan vitamin C. Daun asam mempunyai kandungan asam askorbat tinggi yang sekaligus juga sebagai anti-oksidan. 

Daun asam akan melakukan tindakan pengobatan serta melengkapi keperluan harian vitamin C badan. Daun asam ikut mempunyai karakter antiseptik yang bisa membunuh kuman serta membersihkan rongga mulut hingga bersih dari bakteri pemicu infeksi.

Sinom ialah nama lainnya dari daun asam muda. Di Jawa Timur, terutamanya Surabaya serta sekelilingnya, sinom jadi bahan basic minuman fresh dengan nama sama yang dapat dijadikan sebagai pendamping sajian ciri khas lontong balap serta sajian laut ( seafood ). 

Dikarenakan tersedianya daun asam muda seperti itu hanya terbatas pada ketika awal musim penghujan saja serta waktu yang spesifik. Jadi, beberapa pembuat sinom menggantinya dengan buah asam tua yang diawetkan. Juga bisa menggunakan buah asam masak yang tua serta baik. 

Minuman fresh sinom ialah minuman herbal yang bermanfaat buat kesehatan tubuh sebab memiliki kandungan : temu lawak, kapulaga, kayu manis, kunyit, gula jawa, gula pasir serta bahan alami lainnya.


4. Daun Adam dan Hawa


Tanaman Obat apotik hidup daun adam hawa
Apotik Hidup Daun Adam Hawa

Mungkin faedah daun adam hawa buat kesehatan tidak setenar tanaman lainnya seperti daun kelor atau daun keji beling. 

Akan tetapi daun adam hawa ini nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga lho. Karena sebenarnya tidak ada sesuatu yang diciptakan di dunia ini yang tidak memiliki manfaat. 

Dia memang lebih populer menjadi tanaman hias, ketimbang dijadikan sebagai tanaman obat atau apotik hidup 

Banyak yang memiliki tanaman adam hawa (daun adam hawa) di depan/teras rumahya untuk mempercantik halaman rumah mereka. Akan tetapi apakah Anda tahu jika sebetulnya daun adam hawa memiliki manfaat lain yang jauh lebih berguna, yaitu untuk kesehatan tubuh 

Telah ada sebagian orang yang memanfaatkan daun adam hawa sebagi penyembuh herbal yang dapat mengobati beberapa penyakit. 

Tumbuhan adam hawa adalah klasifikasi dari kerajaan plantae, serta mempunyai nama latin Rheo discolor serta ada yang mengatakan ikut rheo spathaceae. Tanaman yang masih masuk ke dalam anggota famili commelinaceae ini adalah tumbuhan asli Meksiko sisi selatan, Amerika tengah serta Karibia. 

Tumbuhan ini juga termasuk dalam tumbuhan parennial atau tumbuhan tahunan. Tumbuhan inipun biasanya berkembang biak dengan biji ataupun stek batang. Perkembang biakannyapun termasuk begitu gampang serta peluang untuk tumbuhnya tinggi sekali. Bahkan juga pada alat tanam yang minim akan unsur hara sekalipun, tanaman ini tetap saja bisa tumbuh dengan baik dan tidak memerlukan perawatan yang sangat intens. 

Di Indonesia sendiri, tanaman ini seringkali di ucap dengan tanaman sosongkokan, nanas kerang, serta banyak lagi sebutan yang lain. Sedang, di sejumlah negara nama lainnya tanaman adam hawa ialah purple-leaved spiderwort (Amerika, inggrios), oyster plant, bagka-bangkaan (Filipina). daun kepah, kuku jin (malaysia), barquila (Meksiko), banglanhua (China).


5. Daun Anggur


Tanaman Obat apotik hidup daun anggur
Apotik Hidup Daun Anggur

Faedah daun anggur mungkin belum banyak orang yang tahu, serta mungkin cuma buahnya saja yang tahu. Walau sebenarnya kegunaan daun anggur sangat sangat banyak, serta sekarang ini terdapat juga orang yang memakainya menjadi sayuran tambahan, contohnya seperti digabung dalam sayur sop atau kombinasi makanan yang lain. 

Daun anggur mungkin baru hanya digunakan sebagai tambahan makanan saja, walau sebenarnya begitu sangat banyak manfaat dari daun anggur, terutama untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. 

Jadi bukan sekedar buahnya saja yang banyak memiliki kandungan nutrisi, namun daun dari buah anggur ini juga mempunyai cukup kandungan yang dapat anda gunakan menjadi obat herbal. 

Serta yang lebih uniknya lagi daun anggur pada kenyataan nya bisa dijadikan ramuan kecantikan juga. Contohnya anda bisa menjadikan daun anggur untuk dijadikan masker muka untuk menahan munculnya jerawat, serta membuat muka anda lebih tampak cerah serta putih. Perihal ini dikarenakan kandungan yang berada di dalam daun ini pada kenyataan nya tidak kalah dari buahnya


6. Daun Antanan


Tanaman Obat apotik hidup daun antanan
Apotik Hidup Daun Antanan

Daun antanan adalah herbal asli lokasi Asia serta lokasi Australia. Daun antanan mempunyai nama Latin yakni Centella Asiatica. Dalam dunia, daun ini diketahui dengan nama gotu kola, sedang untuk di Indonesia, daun ini diketahui dengan beberapa jenis panggilan seperti salah satunya semanggen, serta pegagan. 

Di Indonesia, daun antanan banyak yang digunakan menjadi sayuran. Diluar itu, dengan cara tradisional daun antanan juga sudah lama dipakai untuk obat beberapa keluhan kesehatan serta penyakit. 

Di Amerika Serikat serta Eropa, daun ini baru belakangan ini saja banyak mengambil alih perhatian beberapa pegiat kesehatan. Hingga belakangan ini, banyak riset yang dikerjakan untuk tahu berapa jauh daun antanan ini dapat menolong dalam pengobatan keluhan kesehatan atau bahkan juga penyakit spesifik. 

Walau sebenarnya, di lokasi seperti Indonesia, India serta Cina, daun yang satu ini banyak dibudidayakan dan banyak dipakai menjadi obat herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit. Anda ingin tahu apa penyakit serta faedah yang lain dari daun antanan?


7. Daun Alpukat


Tanaman Obat apotik hidup daun alpukat
Apotik Hidup Daun Alpukat

Semenjak jaman dulu, tumbuhan ini telah dipakai menjadi tanaman obat. Salah satunya tanaman obat tersebut ialah sari daun alpukat. Tanaman avocado yang populer dengan nama alpukat (Persea americana miller) banyak sekali di dapatkan di Indonesia. 

Buah alpukat mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 4-5% bergantung pada varietasnya, tingkat ketuaan, serta tempat tumbuhnya. Buah alpukat memiliki banyak kandungan vitamin A, B, E, dan mineral yang biasanya lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya. 

Nilai kalori buah alpukat hampir 3x kalori buah pisang ambon. Buah alpukat bahkan juga dikatakan baik buat pasien penyakit kencing manis serta cholesterol tinggi. Diluar itu, beberapa bagian tanaman seperti daun serta biji mempunyai daya therapy yang bisa mengobati beberapa penyakit. 

Faedah sari daun alpukat ialah menjadi diuretik serta menghalangi perkembangan beberapa bakteri seperti Pseudomonas sp, Proteus sp, Staphylococcus sp, Escherichea sp, serta Bacillus sp. 

Diluar itu, manfaat sari daun alpukat diakui bisa mengobati kencing batu, darah tinggi, serta sakit kepala. Daun yang dapat dibikin teh bisa mengobati ngilu lambung, ngilu saraf, abuh aliran pernafasan serta haid tidak teratur. Kandungan zat aktif yang ada di daun alpukat ialah flavonoid serta quercetin.


8. Daun Akasia


Tanaman Obat apotik hidup daun akasia
Apotik Hidup Daun Akasia

Akasia adalah type tanaman yang seringkali kita temui menjadi tanaman hias. Tanaman akasia ada dua type yakni magi-magi gunong (Acacia mangium) serta akor (acacia auriculiformis). Tanaman akasia datang dari benua Amerika, persisnya Amerika sisi utara. Type magi-magi gunong (Acacia mangium) tidak bisa tumbuh dalam tempat yang ketinggiannya lebih dari 300 m diatas permukaan laut. 

Beberapa ciri dari tanaman type ini yakni memiliki cabang banyak, memiliki bentuk lurus dan bundar. Berkulit tebal tapi kasar permukaannya. Tinggi pohon bila telah dewasa dapat sampai 30 m dan diameter pohon sampai 75 cm. 

Daun tanaman akasia type ini memiliki ukuran lebar 4 sampai 10 cm serta panjang daun pada 10 sampai 26 cm. 

Untuk tanaman akasia type yang ke-2 yakni akor (Acacia auriculiformis). Tanaman type ini dapat tumbuh dengan baik di ketinggian pada 0 sampai 400 m di atas permuakaan laut. Tanaman type ini jika telah dewasa dapat sampai tinggi pohon yakni 15 m serta diameter pohon sampai 50 cm. Batang type tumbuhan ini yakni mempuyai cabang banyak dan rendah. 

Sejak era ke 16 tanaman akasia ini sudah populer bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Semenjak itu sudah dijadikan dan dimasukkan ke dalam grup tanaman obat herbal sebagai kumpulan apotik hidup. 

Orang yang sudah memasukkan tanaman ini masuk dalam tanaman obat yakni Henry IV. Baik type magi-magi gunong (Acacia manguim) serta akor (acacia auriculiformis) daunnya memiliki faedah yang sama.


9. Daun Anting Anting


Tanaman Obat apotik hidup daun anting anting
Apotik Hidup Daun Anting Anting

Apa anda tahu tanaman anting-anting? Mungkin memang terdengar asing buat anda sebab memang tidak begitu dibudidayakan serta banyak yang hanya menjadi tanaman liar diantara semak-semak saja. 

Akan tetapi, tahukah anda jika nyatanya tumbuhan anting-anting ini mempunyai manfaat serta faedah yang begitu bagus buat kesehatan tubuh manusia. Tanaman anting-anting mempunyai nama latin Acalypha australis linn yang masih tetap termasuk juga di keluarga Euphobiaceae. 

Bila di Indonesia tumbuhan ini diberi nama dengan sebutan tumbuhan anting-anting, maka lain halnya di china. Tumbuhan ini diketahui dengan nama Tie Xian. 

Salah satu bagian yang cukuplah populer memiliki kandungan banyak faedah serta manfaat ialah sisi daunnya. Sisi daun anting-anting mempunyai kandungan nutrisi yang ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit. 

Kandungan nutrisi di dalam daun anting anting diakui akan membuahkan dampak farmakologis seperti salah satunya menjadi peluruh seni , faedah antibotik serta menghentikan pendarahan yang berlangsung di bagian tubuh. 

Ada banyak faedah dari daun anting-anting yang bisa anda pakai menjadi pilihan obat herbal. Obat herbal memang menjadi pilihan terunggul sekarang ini sebab sangat besar resikonya yang diakibatkan oleh obat-obatan kimia. 


10. Daun Andong


Tanaman Obat apotik hidup daun andong merah
Apotik Hidup Daun Andong Merah

Andong atau lebih diketahui dengan nama Hanjuang ialah grup tumbuhan monokotil yang seringkali ditanam oleh penduduk menjadi salah satu tanaman hias yang mengisi taman sudut rumah, daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukuplah cantik untuk jadikan tanaman hias. 

Keunggulan dari tanaman Andong ialah relatif tahan pada kekeringan serta walau tidak dirawat dapat bertahan hidup dengan baik. Faedah dari tanaman andong merah ini sangat banyak, Salah satunya menjadi penyejuk darah, mampu menghentikan pendarahan serta merusak darah beku saat berlangsung memar. 

Daun andong merah merupakan daun yang ada pada tanaman andong merah yang bisa tumbuh cukuplah tinggi hingga mencapai 4 meter. Anda dapat dengan mudah menemukan daun andong merah di tiap-tiap rumah sebab umumnya dijadikan untuk pelengkap tanaman hias di kebun rumah.

Warnanya yang merah dengan bentuk daun yang panjang dan ujung yang tajam membuat daun ini begitu gampang untuk dikenali. Penyebutan daun ini juga dapat berlainan di tiap-tiap daerah. 

Beberapa hal yang popular mengenai daun andong merah, terpenting khasiatnya untuk beberapa keluhan penyakit serta hal hal lainnya. Sebagian orang yakin bila daun ini berguna untuk mengusir roh jahat. 

Sedang dengan ilmiah, daun andong merah miliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sebab daun ini nyatanya memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Anda dapat juga menyembuhkan beberapa penyakit dengan memakai daun ini menjadi obat herbal yang alami.

Anda dapat memasukkan tanaman daun andong ini ke dalam list tanaman apotik hidup di rumah anda.


11. Daun Awar Awar


Tanaman Obat apotik hidup daun awar awar
Apotik Hidup Daun Awar Awar

Awar-awar adalah salah satu tanaman herbal Indonesia yang mempunyai banyak faedah buat kesehatan. Pemakaian awar-awar menjadi obat herbal juga telah dapat dibuktikan khasiatnya. 

Awar-awar mempunyai beberapa kandungan kimia yang bermanfaat untuk melawan serta menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya kaempferitrin, kumarin, flavonoid genistin, fenolik, pirimidin, serta alkaloid antofin. Daun serta batang awar-awar mempunyai kandungan alkaloid isotylocrebin serta tylocrebin, berdasarkan informasi yang dikutip situs tanamanherbal.informasi. 

Tanaman obat yang satu ini banyak dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Diantaranya ialah untuk menyembuhkan penyakit kulit. Bila Anda mempunyai permasalahan dengan kesehatan kulit, awar-awar mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk Anda. 

Awar-awar dapat juga dipakai untuk menangani bisul, asma, sesak nafas, penawar toksin, kepala pusing, serta menjadi obat pencahar.


Apakah kumpulan apotik hidup yang gunaguna ketengahkan kali ini bermanfaat untuk kehidupan kesehatan pembaca sekalian? Masih banyak jenis dedaunan yang lain yang bisa kita jadikan sebagai tanaman kesehatan untuk dimasukkan kedalam daftar tanaman apotik hidup di kebun rumah kita.

Untuk itu teruslah simak artikel-artikel berikutnya yang tidak kalah seru dan masih menampilkan seputar jenis daun apotik hidup untuk kesehatan tubuh. 

Selamat membaca dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.


Reff :
khasiat.co.id
kompasiana.com
doktersehat.com
manfaat.co.id

#daun, #apotikhidup, #kesehatantubuh

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami