15 Jenis Daun yang Bisa Dijadikan Apotik Hidup untuk Kesehatan Tubuhmu

15 Jenis Daun yang Bisa Dijadikan Apotik Hidup untuk Kesehatan Tubuhmu
Daftar Isi Artikel

Sobat gunaguna, kali ini kita akan mencari tahu 15 jenis daun yang tumbuhan nya bisa kita jadikan sebagai apotik hidup di pekarangan rumah kita. Dan yang terpenting tanaman-tanaman itu mampu untuk menjaga kesehatan tubuh kita sehari-hari.

Menjaga tubuh agar tetap sehat perlu kita lakukan. Apalagi untuk anda yang sudah berumur 30 tahun lebih. Namun tahukah anda kalau ternyata di alam ini terdapat banyak sekali tumbuhan yang bisa kita jadikan herbal ataupun obat agar tubuh kita tetap sehat dan segar.

Berikut ini beberapa di antara nya :

1.  Daun Aruda


Tanaman Obat apotik hidup daun aruda
daun aruda
Mungkin jenis daun yang satu masih asing di telinga anda. Daun aruda ini ada yang mempercayainya bisa untuk digunakan sebagai pengusir jin.

Dalam sebuah kisah, ada pengusaha yang mencoba untuk menanam pohon aruda utk menghalau kucing jalanan dikarenakan kucing tidak menyukai bau yang dikeluarkan oleh pohon aruda. 

Orang-orang zaman dahulu suka memasukkan dan mencampurkan daun ini ketika membuat minyak bayi karena katanya makhluk halus tidak suka dgn bau nya. 

Bahkan terkadang daun aruda ini diletak kan di pintu rumah untuk menghindarkan gangguan-gangguan pada bayi yang berasar dari makhluk yang tak kasat mata.

Apakah anda mempercayai nya? Mungkin anda bisa bisa mencoba nya. Saya sendiri belum pernah mencoba nya.


2. Daun Alang Alang


Tanaman Obat apotik hidup daun alang alang
daun alang alang
Di Indonesia, tanaman yang satu ini sangat mudah untuk kita temui. Tanaman alang-alang umum digunakan di daerah-daerah yang masih alami untuk dijadikan sebagai atap rumah. 

Namun tahukah anda, ternyata daun alang-alang  tidak hanya menjadi penutup serta penghias atap rumah, faktanya tanaman ini dapat juga didajikan sebagai obat herbal pilihan. Zat-zat yang terdapat di dalamnya mempunyai manfaat medis hingga dapat digunakan menjadi obat.


3. Daun Asam Gelugur


Tanaman Obat apotik hidup daun asam gelugur
daun asam gelugur
Asam gelugur atau yang sering disebut dengan nama asam keping sampai kini diketahui menjadi salah satu bumbu dapur yang dipakai dengan bentuk yang telah dikeringkan. 

Umumnya dimasukkan dalam gulai atau asam pedas untuk memberikan rasa asam, menyedapkan masakan, dan menghilangkan amis pada ikan yang sedang dimasak. 

Sedikit pucuknya yang masih muda itupun enak dikonsumsi menjadi kombinasi dengan sambal terasi. Ya, asam gelugur memang sangat banyak yang menggunakannya menjadi bumbu atau kombinasi masakan terutama oleh penduduk melayu. 

Bagian asam gelugur yang umumnya digunakan menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan serta menangani beberapa penyakit ialah bagian daunnya, buah, serta bunganya. 

Dengan kandungan beberapa mineral, vitamin, dan senyawa-senyawa terpenting seperti HCA atau acid hydroxyl citric, hidroksi sitrik, flavonoid, serat, asam askorbat, serta asam tartarat terdapat beberapa manfaat atau khasiat yang bisa kita dapatkan


4. Daun Ashitaba


Tanaman Obat apotik hidup daun ashitaba
daun ashitaba
Tanaman ashitaba yang di Indonesia akrab dengan sebutan seledri jepang mempunyai manfaat yang mengagumkan. Zat-zat terpenting yang terdapat pada tanaman ashitaba mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. 

Penduduk Jepang sudah memanfaatkan daun ashitaba menjadi obat herbal semenjak jaman dulu, serta sampai sekarang digunakan menjadi bahan baku obat-obatan modern. Orang Jepang yakin jika ashitaba mampu untuk membuat usia lebih panjang. 

Tanaman herbal yang sekarang telah dibudidayakan di Indonesia ini mempunyai karakter anti inflamasi, anti bakteri, anti tumor, anti kanker serta antiaging. Semua sisi dari tanaman ashitaba mempunyai manfaat untuk bisa menjadi obat, dari mulai batang, daun, akar, serta getahnya.

Tanaman obat ashitaba (dalam bahasa latin adalah Angelica keiskei) begitu popular di negara aslinya, Jepang. Tanaman berdaun serupa seledri ini diakui mempunyai kandungan antiaging, antiinflamasi, serta pencegah kanker. Getah pohon ini berguna untuk therapy penyakit kanker.


5. Daun Ara


Tanaman Obat apotik hidup daun ara
daun ara
Berdasarkan pada keyakinan kitab Ayurveda, beberapa orang India memakai buah ara (di India disebut juga buah phalgu) sebagai obat penenang, obat untuk mengobati bisul dan luka dan juga untuk menolong menggerus batu pada pasien kencing batu. 

Berdasar pada penilaian pada waktu yang lampau, suku Maharashtra di India mengunyah daun ara yang diyakini dan diakui mampu untuk menyembuhkan hepatitis (penyakit kuning). Periset Gond NY serta Khadabadi SS dari Pharmacognosy, Nanded Pharmacy College, India tertarik untuk memberikan bukti tersebut. 

Penduduk India mengonsumsi daun ara secara langung akan tetapi penyajian daun ara umumnya dengan di rebus terlebih dahulu. Dikarenakan daun ara memiliki kandungan coumarindan flavonoid, daun ara yang di rebus bisa berguna menjadi anti-oksidan serta menahan kanker dan tumor. 

Buat orang yang seringkali mengalami sesak nafas disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun ara. Pasien batuk berdahak juga bisa disarankan untuk mengkonsumsi daun ara karena rebusan daun ara bisa mengencerkan dahak. 

Diluar itu, rebusan daun ara dapat juga digunakan untuk mengurangi bronkitis serta menahan wasir.

Jangan lupa, baca juga tentang 50 manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang ada di blog gunaguna ini.


6. Daun Bidara


Tanaman Obat apotik hidup daun bidara
daun bidara
Bidara ialah semacam pohon yang bisa menghasilkan buah yang umumnya tumbuh di tempat yang kering. Bidara merupakan sebutan untuk tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, daun bidara pada kenyataannya mempunyai sangat banyak faedah. 

Pohon bidara dapat tumbuh sampai dengan setinggi 15 mtr. dengan ranting serta cabang yang banyak sekali serta berduri. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan yang halus. 

Di kampung kampung banyak pohon bidara yang tumbuh liar. Beberapa orang yang tidak tahu mngira bahwa pohon bidara ini hanya semak belukar biasa. Oleh karenanya pohon bidara seringkali dibabat habis bahkan juga pohon yang tinggi pun ikut ditebang, meskipun sebenarnya pohon bidara mempunyai banyak khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. 

Pohon bidara ini merupakan pohon yang gampang sekali tumbuh, umumnya dari bekas-bekas penebangan yang sudah dilakukan akan muncul tunas-tunas baru yang muncul. Selain bisa tumbuh dari potongan dahan, biji yang datang dari buah bidara yang berguguran pun bisa menyebabkan tumbuhnya tunas-tunas baru dari bidara-bidara muda. 

Yang perlu anda ketahui, pohon serta daun bidara ternyata termaktub juga di dalam di Al-Quran ataupun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Hal itu menggambarkan jika daun bidara ini mempunyai manfaat khususnya bagi para kamum muslimin. Diluar itu semua, faktanya daun bidara memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan.


7. Daun Bawang


Tanaman Obat apotik hidup daun bawang
daun bawang
Anda pasti sudah tidak asing dengan bawang merah serta bawang putih yang mempunyai aroma yang khas. Tetapi tahukah anda bila ternyata daun bawang mempunyai aroma yang khas serta mampu untuk meningkatkan nafsu makan. Khusus daun bawang ini mempunyai banyak faedah untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya begitu penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Daun bawang banyak diketemukan menjadi bahan pelengkap dari satu masakan. Bahkan juga banyak yang memakai daun bawang untuk dijadikan hiasan satu masakan. 

Akan tetapi tahukah Anda jika daun bawang pada faktanya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh? Daun bawang berguna untuk pertumbuhan kesehatan kulit, pencernaan, rambut, serta kesehatan Anda secara keseluruhan.


8. Daun Binahong


Tanaman Obat apotik hidup daun binahong
daun binahong
Daun binahong banyak menjadi buah bibir karena manfaatnya yg semakin populer untuk menangani berbagai macam persoalan kesehatan. Daun ini seperti terdengar asing di telinga, tetapi sebetulnya tanaman ini merupakan salah satu tipe tanaman herbal, apalagi kalau ditinjau pada bagian daunnya. Berbagai penyakit dapat ditangani dengan daun binahong serta tubuh Anda pun semakin lebih sehat dengan memakai daun alami ini. 

Faedah daun Binahong ini begitu penting untuk didapatkan sebab nyatanya bisa menolong dalam menyembuhkan beberapa penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daun binahong ialah tumbuhan yang biasa merambat pada dinding atau pagar, di Indonesia sendiri tumbuhan ini biasa disebut dengan nama Gondola. Bentuk daunnya selintas mirip daun sirih akan tetapi sedikit lebih tebal. Daun binahong termasuk ke dalam keluarga Basellaceae serta memiliki 2 type jenis yakni Basella Rubr yang warna tulang daun serta batangnya merah serta Basella Alba yang warna daunnya hijau gelap. Tumbuhan ini juga dinamakan Heartleaf Maderavine Madevine dalam bahasa Inggris.


9. Daun Belalai Gajah


Tanaman Obat apotik hidup daun belalai gajah
daun belalai gajah
Ramuan obat herbal yang diracik dari dedaunan, kulit kayu, buah, bunga, sampai akar-akaran wangi sudah dipakai semenjak jaman nenek moyang untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya obat herbal yang akhir-akhir ini ramai di pasarkan ialah daun belalai gajah, yang memiliki nama latin Clinacanthus nutans atau dandang gendis dalam bahasa Jawa. 

Daun belalai gajah biasanya di rebus untuk diminum airnya seringkali satu hari, atau daun sisa rebusannya yang dijadikan kompres dingin. Selain itu daun belalai gajah dipakai menjadi obat untuk mengobati gigitan ular. Khasiat ini datang dari karakter anti-lisis sel daunnya. Lisis tersebut ialah proses rusaknya atau pecahnya sel menjadi akibatnya karena keadaan external, contohnya toksin gigitan ular. Daun belalai gajah dapat juga dipakai untuk menyembuhkan gigitan kalajengking serta ruam gatal akibat reaksi alergi daun jelatang.


10. Daun Bambu


Tanaman Obat apotik hidup daun bambu
daun bambu
Daun bambu memang jarang atau sedikit yang memakainya, lain halnya dengan batang pohon atau bagian rebungnya. 

Batang bambu pada umumnya dipakai menjadi material bangunan. Sementara itu bagian rebungnya umumnya dibuat serta dijadikan sayuran yang cukup enak untuk dikonsumsi. Namun untuk daun bambu masih sedikit yang tahu digunakan untuk apakah serta bagaimana cara memakainya. 

Walau sebenarnya daun bambu itu dapat dijadikan obat yang sangat manjur untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Dari mulai penyakit ringan sampai beberapa penyakit yang sifatnya berat. 

Perihal ini karena daun bambu tersebut mempunyai kandungan atau senyawa kimia yang memang mempunyai kashiat untuk kesehatan. 

Kandungan daun bambu : 
  • Beberapa vitamin 
  • Klorofil 
  • Asam amino 
  • Flavonoid 
  • Polisakarida 
  • Serta senyawa yang lain 


Untuk memproses daun bambu supaya jadi obat herbal ada cara-cara yang sebetulnya hampir serupa dengan herbal yang berasal dari daun-daunan yang lain. Contohnya seperti di rebus, diseduh, bahkan juga dapat ditumbuk sampai lembut untuk penyembuhan luar. 



11. Daun Basil


Tanaman Obat apotik hidup daun basil
daun basil
Daun basil adalah salah satu rempah daun yang banyak digunakan dalam sajian Italia. Memiliki bentuk yang serupa dengan daun kemangi tapi memiliki bentuk yang lebih besar, lebar serta tebal. Daun ini aromanya wangi tajam serta begitu khas. 

Ada beberapa type basil terpenting yang digunakan pada kuliner Thailand. Dikarenakan aromanya yang unik, maka basil susah digantikan dengan rempah daun lainnya. Dapat dibeli dalam kondisi fresh ataupun kering. 

Daun basil ialah tanaman rempah penyegar (tonikum) yang masih satu keluarga dengan daun kemangi serta daun mint. Daun basil miliki nama lokal yang mungkin lebih akrab di telinga Anda, yakni daun selasih. 

Daun basil diketahui memiliki kandungan karakter antipenuaan, antiperadangan, serta antibakteri. Riset telah menunjukkan jika daun basil merupakan rempah yang mempunyai beragaam kekuatan untuk kesehatan. Salah satunya studi yang menunjukkan jika daun basil memiliki kandungan segudang anti-oksidan seperti fenolik serta polifenol, dan juga adanya kandungan flavonoid serta antosianin. 

Menurut riset yang dikerjakan di Swiss Federal Institute of Technology, daun selasih memiliki kandungan (E) -beta-caryophyllene (BCP) yang mungkin bermanfaat dalam penyembuhan penyakit arthritis serta radang usus. 

Daun basil mempunyai kandungan antiperadangan yang sama dengan jahe, yang diakui bisa mngurangi tanda-tanda asma. Kandungan antiperadangan, anti-oksidan serta antibiotik alami pada jahe dapat menolong tubuh dalam melawan infeksi yang berguna buat orang dengan permasalahan paru-paru serta pernafasan. Hingga, dengan adanya kandungan serta karakter yang sama, maka anda dapat memperoleh manfaat peredaan terhadap tanda-tanda asma dari daun basil ini.


12. Daun Bungkus Papua


Tanaman Obat apotik hidup daun bungkus papua
daun bungkus papua
Daun Bungkus adalah salah satu tanaman atau flora yang datang dari Papua. Tanaman ini cuma tumbuh di rimba pedalaman Papua. Daun ini mempunyai warna hijau seperti daun-daun umumnya. Selintas tidak ada yang spesial dari daun ini akan tetapi daun ini tetap saja dicari oleh sebagian orang karena memiliki khasiat atau manfaat yang besar, terutamanya buat Anda para pria. 

Daun Bungkus 

Daun Bungkus yang disebut flora asli Papua ini memiliki faedah atau manfaat yang begitu populer. Daun Bungkus ini demikian diakui menjadi ramuan yang mujarab untuk membesarkan alat vital pria. 

Kegunaan daun bungkus papua ini begitu ampuh, bahkan juga dampak kerjanya lebih berasa dibanding obat-obatan. Berarti, daun Bungkus ini lebih ampuh untuk membesarkan alat vital pria dibanding bila memakai beberapa jenis obat- obatan. Resep ramuan daun Bungkus untuk dipakai menjadi obat pembesar alat vital pria ini nyatanya adalah resep turun-temurun orang Papua dari nenek moyang mereka. 

Ada dua langkah dalam memakai daun bungkus papua. Pertama, daun dikerik sisi atasnya, lalu diolesi minyak kelapa serta dibungkuskan ke Mr P. Langkah yang ke-2 ialah dibikin seperti ramuan. Beberapa helai daun ditumbuk serta dicampurkan ke dalam air. Lalu dioles-oleskan. Ke-2 cara ini relatif sama dampaknya. 

Meskipun dampaknya instant, therapy daun bungkus papua tidak dapat dikerjakan cuma sekali saja untuk memperoleh pergantian ukuran penis yang diharapkan. Beberapa penjual ramuan daun bungkus yang banyak menawarkan dagangannya lewat online memberi panduan, untuk step awal therapy dikerjakan dengan berkala. Tiap-tiap 2 hari, dan tak perlu dilakukan setiap hari.


13. Daun Beluntas


Tanaman Obat apotik hidup daun beluntas
daun beluntas
Telah tahukah anda faedah daun beluntas untuk kesehatan? 

Betul sekali, pada intinya daun beluntas sudah diketahui oleh banyak orang. 

Akan tetapi faktanya masih saja ada yang belumlah memahami akan kandungan serta khasiat yang bisa didapatkan dari daun beluntas untuk kesehatan. 

Menjadi tanaman yang memiliki banyak cabang serta memiliki daun yang rimbun, banyak orang dipedesaan manfaatkan tanaman beluntas untuk jadikan pagar hidup di pekarangan halaman rumah mereka. 

Daun beluntas yang disebut-sebut merupakan salah satu tanaman kecil yang banyak diketemukan di lokasi yang dekat dengan pantai. 

Tanaman ini hidup lewat cara yang liar serta bisa gampang tumbuh walau tidak sengaja dibudidayakan. 

Pemakaian daun beluntas ini banyak dipakai menjadi obat herbal yang cukuplah ampuh.


14. Daun Bangun Bangun


Tanaman Obat apotik hidup daun bangun bangun
daun bangun bangun
Daun bangun-bangun banyak diketemukan di negara India serta Afrika. Type daun yang satu ini begitu gampang dikenali sebab memiliki aroma yang berbeda dibandingkan dengan daun yang lain. 

Selintas, daun bangun-bangun serupa seperti daun mint dengan struktur kasar serta ketebalan daun yang cukuplah tebal. 

Sejak dahulu, banyak penduduk Toba yang memakai daun ini menjadi bahan dasar yang alami untuk menolong beberapa ibu untuk meningkatkan produksi ASI mereka. 

Saat ini, daun bangun-bangun bukan sekedar bermanfaat dalam meningkatkan produksi ASI, akan tetapi ikut memiliki banyak khasiat kesehatan yang lain. 

Daun ini memiliki kandungan beberapa senyawa yang baik untuk menyehatkan tubuh. Kandungan senyawanya juga dapat dipakai untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. 

Jadi tidak perlu bingung bila penyembuhan tradisionil sekarang ini ikut menyertakan daun bangun-bangun untuk dijadikan obat herbal yang ampuh dalam menangani masalah kesehatan.


15. Daun Bay


Tanaman Obat apotik hidup daun bay
daun bay
Melirik bentuk aroma yang keluar dari daun ini, beberapa orang bisa saja mengira bay leaf atau daun bay adalah daun salam. Akan tetapi, bila tahu nama latinnya, kedua-duanya berlainan. Laurus nobilis ialah nama latin dari daun bay. Sedang daun salam memiliki nama latin Syzygium polyanthum. 

Riwayat daun bay 

Pada era pertengahan, daun bay sering dipakai menjadi insektisida sekaligus juga obat. Karena aroma serta rasa yang dihasilkannya, bumbu rempah populer yang datang dari Mediterania ini lalu diketahui menjadi bumbu masak. 

Dari lokasi Mediterania, daun bay menebar ke beberapa lokasi Eropa serta banyak negara dalam dunia. Uniknya, pada masa Yunani kuno serta Roma kuno, daun bay dipercaya menjadi tumbuhan bermanfaat sebagai lambang kebijakan, perlindungan, kedamaian, serta penghargaan paling tinggi untuk beberapa raja serta dewi-dewi. 

Untuk anda para ibu hamil, mungkin artikel mengenai manfaat kunyit asam untuk ibu hamil bisa bermanfaat untuk anda.

Aroma serta rasa 

Mungkin anda bertanya-tanya, apakah yang membuat aroma daun bay demikian spesial? Satu sumber mengatakan, daun bay memiliki aroma kombinasi dari oregano, herbal, serta bunga. Masalah rasa, daun bay memberi sentuhan "menggigit" serta hangat. 

Kelebihan ini membuat daun bay sering dipakai dalam masakan olahan daging sapi, domba, serta ayam. Daun bay juga sering dipakai menjadi bumbu seafood untuk menghilangkan aroma amis sekaligus juga melezatkan aroma masakan. Dalam 1 masakan, umumnya dipakai 2-3 lembar daun bay. Contoh masakan yang memakai daun bay diantaranya sup serta bermacam saus untuk olahan daging serta ikan-ikanan. 

Dalam masakan india, daun bay sering digabung dengan garam masala, cengkeh, lada hitam, serta bumbu-bumbu lainnya yang menghangatkan. Di Timur Tengah, daun bay jadi salah satu bumbu dalam pembuatan kebab. Di Filipina, daun bay seringkali dipakai untuk memasak adobo, masakan ciri khas Filipina. Selain itu, penduduk Yunani sering mencampurkan daun bay menjadi bumbu steik. 

Sekarang ini, penggunaan daun bay bahkan juga lebih meluas. Di beberapa negara, daun bay dapat juga jadi tambahan dalam pembuatan pai (pie), es cream, serta hidangan pencuci mulut yang memiliki cita rasa manis. Ini sebab daun bay dipandang bisa menyuguhkan sentuhan manis tanpa perlu memberikan gula pada olahan masakan. Selain itu, daun bay yang dikeringkan juga bisa diseduh menjadi minuman teh. 

Faedah kesehatan untuk tubuh 

Bukan sekedar aroma serta rasanya saja yang spesial, daun bay juga memiliki kelebihan dalam kandungan yang berguna di dalamnya. Vitamin dalam daun bay diantaranya A, B kompleks, serta C. Di dalamnya ada bermacam mineral seperti potasium, kalsium, selenium, mangan, zat besi, magnesium, zat seng, serta zat tembaga. Kandungan mineral ini baik untuk memantapkan detak jantung serta aliran darah, antioksidan, merangsang produksi sel darah merah, dan memberi dukungan metabolisme tubuh.


Demikian pembahasan daftar jenis daun yang bisa kita jadikan tanaman apotik hidup.

Apakah kumpulan apotik hidup yang gunaguna ketengahkan kali ini bermanfaat untuk kehidupan kesehatan pembaca sekalian? 

Masih banyak jenis dedaunan yang lain yang bisa kita jadikan sebagai tanaman kesehatan untuk dimasukkan kedalam daftar tanaman apotik hidup di kebun rumah kita. Anda dapat melihat daftar tersebut di artikel 1000 tanaman apotik hidup yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu teruslah simak artikel-artikel berikutnya yang tidak kalah seru dan masih menampilkan seputar jenis daun apotik hidup untuk kesehatan tubuh. 

Selamat membaca dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.



Refference :
manfaat.co.id, www.khasiat.co.id, www.infoglobalkita.com, hellosehat.com

#daun, #apotikhidup, #kesehatantubuh

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami