Daun Daunan yang bisa Dijadikan Apotik Hidup Untuk Herbal Bagian 3

Daun Daunan yang bisa Dijadikan Apotik Hidup Untuk Herbal Bagian 3
Daftar Isi Artikel

Apa Yang Di Maksud Dengan Daun ?

Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting, umumnya berwarna hijau (memiliki kandungan klorofil) serta yang paling terpenting mampu menjadi penangkap daya dari sinar matahari untuk fotosintesis.

Daun Daunan yang bisa Dijadikan Apotik Hidup Untuk Herbal
Sumber Photo by Pille-Riin Priske on Unsplash

Apa fungsi daun pada tumbuhan?

Manfaat daun yang penting pada tiap-tiap tumbuhan pada intinya sama, yakni berfungsi menjadi tempat pemrosesan zat makanan. Pemrosesan zat makanan pada daun ini dinamakan fotosintesis. Dalam proses fotosintesis di butuhkan air serta karbon dioksida agar fungsi dari daun ini bisa bekerja.

Berikut ini beberapa macam daun daunan yang bisa dijadikan apotik hidup ataupun taman apotik hidup di pekarangan rumah kita.




1. Daun Bidara Arab


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bidara arab

Bidara (Ziziphus Mauritiana) tampaknya mirip tumbuhan semak belukar dan juga proses pertumbuhannya termasuk tumbuhan yang melakukan pertumbuhan dengan cepat. Pohon ini mempunyai banyak cabang serta ada duri pada setiap sisi kayunya. Sedangkan daun bidara bentuknya berupa elips (sama dengan gambar) berwarna hijau mengkilap. 

Habitatnya ialah di daerah yang condong kering serta sedikit curah hujan. Sangat cocok di tanam pada taman apotik hidup milik anda, dan tak perlu sering-sering menyirami nya. 

Untuk orang muslim, fungsi daun bidara diakui bisa mengusir jin. Terlepas dari hal tersebut, cukup banyak manfaat dari daun bidara untuk kesehatan tubuh manusia.


2. Daun Bayam


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bayam

Tanaman bayam ialah type sayuran yang biasa di konsumsi oleh penduduk Indonesia dan sering menjadi lauk pendamping nasi. Fungsi daun serta bahaya daun bayam pasti ada buat kesehatan manusia, akan tetapi semua kembali pada bagaimana seseorang dalam menikmati sayuran serta mengkonsumsi sayuran. Bila dimakan sesuai dengan ketentuan tanpa berlebihan tentunya aman-aman saja. 

Manfaat / Fungsi Daun Bayam 
Fungsi daun bayam untuk tubuh ialah apabila daun bayam telah di buat menjadi sayur serta di konsumsi maka memunculkan manfaat untuk tubuh. daun dari sayuran bayam itu umumnya di proses bersamaan dengan beberapa jenis hidangan oleh penduduk pencinta bayam. Sayur ini pula di konsumsi oleh semua umur dari mulai anak kecil usia di bawah 5 tahun sampai lansia. 

Sayur ini bagus juga untuk proses pengobatan buat orang – orang yang baru saja pulih dari sakit. Manfaat penting sayur bayam ialah untuk memperlancar skema pencernaan serta mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Dan sisi akar dari tanaman bayam umumnya dipakai menjadi obat tradisionil untuk penyakit diare.


3. Daun Bismillah


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bismillah

Untuk kita ketahui bersama, daun Bismillah atau nama saintifiknya Vernonia Amygdalina adalah semacam daun renek yang berada atau termasuk dalam himpunan Asteraceae (dirujuk sebagai aster, daisy atau bunga matahari) yang banyak tumbuh di lokasi tropikal Afrika.

Daunnya terasa pahit serta kesukaannya dikonsumsi menjadi sayur atau berbentuk ekstrak cair menjadi tonik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai type penyakit. 

Doktor naturopati serta pakar-pakar herba ikut mengembangkan proses pemungutan ekstrak daun ini untuk menjaga perasaan mual/loya, kencing manis dan beberapa masalah terkait aliran gastrousus. Daun bismillah ini pun memiliki anti-oksidan yang baik untuk tubuh. 

Selain fungsi daun bismillah di atas, daun yang satu ini dapat menolong mengurangi cholesterol dalam darah, tidak hanya berusaha menjaga darah tinggi. 

Ada pula yang menjelaskan daun apotik hidpu ini dapat mengurangi sakit belakang serta menambah nafsu makan. Rasanya pahit seperti daun empedu bumi.


4. Daun Bunga Raya


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bunga raya

Bunga raya adalah bunga kebangsaan negara Malaysia. Bunga raya ini memiliki berbagai type serta berbagai warna. Ada yang berukuran besar serta ada pula yang kecil. 
Bunga Raya Putih disebut sebut memiliki fungsi pengobatan yang tinggi
Tidak hanya warnanya yang cantik, daun bunga raya serta bunga raya ini memiliki nilai pengobatan yang tinggi serta sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya untuk menurunkan demam serta panas tubuh. 


5. Daun Betik


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun betik

PUCUK BETIK (Carica papaya) adalah bahagian atas dari pohon betik yang bisa di jadikan makanan yang bermanfaat. Mungkin ramai dikalangan penduduk Malaysia yang sudah jarang bisa melihat pucuk betik karena mereka saat ini kebanakan tinggal dikawasan perkotaan.

Pucuk betik (Anda bisa lihat photo di atas) memang pahit kerana mengandungi getah (lateks) atau biasa digunakan untuk bahan 'Papain'. 


6. Daun Bawang Merah


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bawang merah

Beberapa orang barangkali sempat melihat batang hijau dengan bunga kecil di ujungnya ini. Banyak pedagang di pasar menjualnya yang berbentuk per ikat serta sebagian orang seringkali salah menduga dan mengira daun / pucuk bawang merah adalah asparagus. Walau sebenarnya ini adalah bunga bawang merah yang memang sengaja di jual sebab pada kenyataannya dapat dibuat serta dijadikan makanan enak, layaknya seperti sayuran lainnya. 

Walau memang masih jarang yang memakainya, tetapi nyatanya bunga bawang merah memiliki manfaat dalam menahan kanker. Daun serta bunga bawang merah mempunyai kandungan vitamin serta mineral yang hampir sama dengan daun bawang serta keluarga bawang yang lain. 

Riset yang diedarkan dalam Nutrition Journal mengutarakan jika bunga daun bawang mempunyai karakter anti-kanker.


7. Daun Bakung


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun bakung

Daun bakung sekarang ini hampir tidak diketahui oleh orang-orang yang tinggal di kota, biasanya dipakai penduduk desa menjadi obat tradisional. Tanaman bakung termasuk juga dalam genus Lilium, nama lain disebut juga Lily, Crynum asiaticum Lilium, serta terbagi dalam 110 suku dari keluarga bakung. 

Sangat banyak diketemukan di lokasi Eropa, Asia termasuk juga Indonesia, serta India. 

Manfaat obat tradisional daun bakung bisa digunakan untuk patah tulang, tulang terkilir, menyembuhkan rematik, tulang serta sendi berubah, serta radang kulit. 

Ramuan tradisional ini telah diketahui ampuh untuk mengobati permasalahan kesehatan itu, bahkan bisa juga untuk menyembuhkan hernia.


8. Daun Cincau


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cincau

Daun cincau bisa kita dapatkan dengan gampang sebab dapat tumbuh dengan liar di pekarangan. Sehingga bisa dengan mudah ditanam di taman apotik hidup di pekarangan rumah anda.

Buat masyarakat luas, daun cincau ini bisa dikonsumsi menjadi penyembuhan / obat tradisional untuk beberapa penyakit. Banyak fungsi daun cincau yang sesuai dengan keperluan serta beberapa persoalan medis yang seringkali terjadi pada penduduk.


9. Daun Cekur


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cekur

Cekur adalah tumbuhan herbal yang tanpa batang. Tunas inti tumbuh selalu dibanding hujung rizom (umbisi) yang mendatar di bawah permukaan tanah. 

Kebiasaanya tiap-tiap pohon terdiri dari dua sampai lima helai daun yang tebal berupa bujur telur. Bunganya berwarna putih keunguan. Di Negara kita tanaman ini dikenali dengan nama kencur.

Tumbuhan ini gampang ditanam di atas tanah atau di dalam pasu. Kesukaannya cekur dibiak dibanding rizomnya. Daun cekur umumnya luruh jika kemarau. Tapi bila kita membutuhkan rizom/rimpang yang banyak, cekur butuh mendapatkan sinar matahari yang banyak. Rizom/umbi/rimpang yang masak bisa kita peroleh dalam rentang waktu di antara 8 sampai 10 bulan.


10. Daun Ciplukan


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun ciplukan

Daun ciplukan yang umumnya cuma diketahui merupakan tanaman kecil, pada faktanya menaruh banyak sekali faedah yang perlu untuk didapatkan. Buat yang ingin tahu apa manfaat yang dikandung oleh daun ciplukan, anda bisa membaca tulisan 13+ fungsi daun ciplukan untuk penyembuhan dan kesehatan tubuh.


11. Daun Cocor Bebek


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cocor bebek

Cocor bebek atau nama ilmiahnya Kalanchoe Pinnata ialah type tanaman herbal semusim yang mempunyai karakter batang berbentuk sigi empat, lunak, beruas, warna hijau. Cocor bebek, sering diacuhkan menjadi tanaman obat, biasanya orang lebih menggunakan tanaman cocor bebek menjadi tanaman hias, meskipun daun cocor bebek bisa digunakan menjadi obat untuk mengatasi beberapa penyakit. 

Tanaman ini tumbuh liar di kebun dan pinggir parit atau tebing yang berbatu. Tanaman ini mudah sekali tumbuh, cocok ditanam di taman apotik hidup milik anda. Tunas daun yang ditanam begitu saja akan tumbuh tunas dan akar baru dari pangkal daun. Akar dan tunas tersebut yang akan jadi tanaman cocor bebek yang baru.


12. Daun Celery


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun celery

Celery (apium graveolens) ialah type sayuran yang sangat popular dibanding sayuran-sayuran lainnya. Sayuran hijau yang sering kita sebut sebagai daun saderi ini hampir serupa dengan seledri walau batang-batangnya cukup besar serta berupa rangup. 

Daun Celery tumbuh dengan berumpun dengan pelepah serta daun berwarna hijau serta bunga berwarna putih. Celery termasuk juga dalam keluarga apiacea terutama dalam grup fennel, parsli, dill serta karot. 

Konon, sayuran ini telah ditanam semenjak jaman dulu serta dipakai untuk beberapa kepentingan, dari mulai penyembuhan sampai sayuran untuk diet.


13. Daun Cincau Hijau


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cincau hijau

Siapa tidak kenal cincau hijau? Makanan kenyal yang datang dari perendaman daun cincau hijau ini banyak dipakai menjadi kombinasi es buah. Tidak hanya mempunyai rasa yang enak, cincau pun banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Diantaranya, diketahui bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

Melihat kekuatan daun cincau hijau menjadi imunomodulator untuk menolong tingkatkan proses pertahanan tubuh, sehingga menyebabkan beberapa mahasiswa Fakultas Biologi UGM terdorong melakukan riset lebih lanjut. Mereka mempelajari dengan intens untuk tahu kandungan senyawa yang ada di dalam daun cincau hijau ini serta dampak ekstrak daun cincau hijau pada kegiatan makrofag atau sel imun. Mau tahu kelanjutannya ?


14. Daun Cincau Hitam


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cincau hitam

Jika melihat ada bahan berupa kotak kecil yang mengapung di es campur kita, tentu saja kita akan langsung tahu nama bahan makanan tersebut. Yup, cincau hitam. 

Si kenyal yang umumnya digunakan menjadi bahan pelengkap dalam berbagai jenis es ini sangat mudah didapatkan saat bulan ramadhan datang. Umumnya, digunakan dalam pembuatan takjil. 

Sebagai contoh misal : es campur, es buah, atau kombinasi kolak. 

Tidak hanya mempunyai rasa yang khas serta nikmat, pada kenyataannya si hitam kenyal ini juga memiliki manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. 


15. Daun Cemara


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cemara

Daun cemara kipas ialah type daun cemara dari tanaman cemara. Anda tentunya telah mengenal pohon cemara. Pohon ini dapat tumbuh dengan tinggi sekali di daerah yang mempunyai suhu lebih dingin. 

Jadi anda tidak usah bingung bila pohon ini akan banyak diketemukan di daerah dengan 4 musim. Waktu Natal datang, pohon cemara sering menjadi salah satu bagian yang sangat banyak dicari untuk dijadikan pohon natal lalu dihias semenarik mungkin supaya tampak cantik. 

Kesempatan ini kita tidak membahas natal namun akan mengulas cemara kipas yang disebut sebagai type cemara yang dapat tumbuh lebih pendek. 

Ada banyak orang yang memakai tanaman cemara kipas menjadi tanaman hias saja tanpa mengetahui manfaat alaminya yaitu untuk kesehatan tubuh. Daun cemara kipas, pada tanaman ini memiliki kandungan tanin, saponin, dan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda juga dapat memakainya menjadi obat herbal yang akan mampu menangani berabagai penyakit.


16. Daun Cermai


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun ceremai

PERNAH lihat buah Ceremai atau Cerme? Orang kenal Ceremai dalam bentuk buah untuk asinan daripada buah yang biasa dikonsumsi. Buah Ceremai biasa dikeringkan serta dibikin menjadi asinan (aluo, jw) atau minuman penyegar (dinamakan juga sebagai setup). 

Fungsi daun ceremai, buah, akar, serta sampai batangnya pada kenyataan nya cukup banyak loh manfaatnya untuk kesehatan serta keperluan sehari hari.


17. Daun Cengkeh


daun daunan apotik hidup untuk herbal daun cengkeh

Salah satu tanaman rempah ini sudah lama dibudidayakan serta dipakai untuk berbagai kombinasi masakan serta makanan yang lain dikarenkaan daun cengkeh memiliki karakter menghangatkan serta memiliki aroma ciri khas yang begitu nikmat. 

Tanaman cengkeh ini hampir semua bagiannya dapat digunakan seperti daun cengkeh yang bisa dimanfaatkan menjadi minyak cengkeh. Daun cengkeh mempunyai warna hijau mengkilap serta memiliki ukuran panjang yang seringkali dipakai menjadi obat herbal. 

Beberapa kandungan yang berguna dalam daun cengkeh salah satunya ialah eugenol, flavonoid, anti-oksidan, antiseptik, zat espektoran serta ada banyak lagi. 


18. Daun Ceri

Bila kita mendengar nama buah ceri, maka umumnya dari kita tentu ingat waktu kanak-kanak saat pohon ceri menjadi salah satu tempat bermain dengan teman-teman sewaktu kecil. 

Tidak hanya buahnya yang manis, pohonnya pun biasa dijadikan tempat bermain, entah itu untuk dinaiki atau cuma sekedar bermain dibawah pohon ceri yang teduh. Buah ceri merupakan buah yang berbentuk kecil serta bundar, mempunyai warna hijau bila ceri itu masih berusia muda atau mentah dan mempunyai warna merah bila buah ceri telah masak. 

Di sejumlah daerah ceri lebih dikenal dengan nama Kersen atau Talok (Muntingia calabura L), untuk daerah Madura ceri biasa diketahui dengan nama Baleci. Konon pohon ceri ini datang dari Amerika Latin, akan tetapi sampai sekarang pohon ceri sudah banyak menyebar sampai lokasi Asia Tenggara, termasuk juga Malaysia serta Indonesia.


19. Daun Cangkring

Pohon cangkring, atau sering disebubt juga sebagai daun dadap, mencuplik Wikipedia, ialah tumbuhan pohon yang tingginya 10- 20 mtr., dicirikan berbatang kayu, berdaun rontok, berwarna keabu-abuan, permukaan kulit kasar, mempunyai cabang yang jarang, dan mempunyai duri tempel. 

Cangkring tumbuh di sejumlah rimba di Indonesia. Meskipun pohon cangkri telah mulai susah diketemukan, tumbuhan ini sering dipakai menjadi pagar hidup serta peneduh, atau untuk pagar hidup pada perbatasan tempat atau tanah pekarangan. 

Pohon berduri tajam ini memiliki manfaat yang besar untuk manusia. Tumbuhan cangkring dari marga Erythrina, sebagaimana di kutip dari ums.ac.id, secara tradisional umumnya banyak dipakai oleh penduduk untuk menyembuhkan insomnia, demam, penyakit kelamin, malaria, asma, serta sakit gigi. Daunnya dipakai untuk menyembuhkan penyakit gabag, frambusia, cacar air, gatal, pedih, serta bengkak-bengkak.


20. Daun Cina Maki

Tumbuhan Senna Maki juga dikenali dengan nama Herba Daun Cina Maki / Daun Senna / Daun Jati Cina / Senna Leaf. Senna adalah tanaman asli Afrika, Timur Tengah (khususnya Mesir dan Sudan). 

Daun Cina Maki pertama kali diperkenalkan pada abad ke-9 Karena kemampuan perobatan nya oleh ahli medik Arab, yang kemudian memberinya nama dalam bahasa Arab dan menggunakannnya sebagai laxative atau obat sembelit. kelebihan produk effenzee sebagai obat kurus, effenzee detoks dan Effenzee Drinxtox 

Senna (berasal daripada bahasa Arab “sana”) adalah berasal dari genetik tumbuhan berbunga besar dalam keluarga legume Fabaceae dan subfamili Caesalpinioideae. Dari bagian gen-gen Senna ini adalah berasal dari tumbuhan beriklim tropika manakala sebagian kecil spesiesnya di kawasan beriklim sederhana. 

Jumlah spesies daun cina makin ini diperkirakan adalah sekitar 260 hingga 350 jenis spesies. Spesies asalnya adalah Senna Alexandrina. Kira-kira 50 spesies Senna telah dibudidayakan dalam bidang penanaman.


21. Daun Capo

Daun Capo sering disebut juga sebagai daun sembung. Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan tuuh sudah dapat dibuktikan serta banyak dipakai untuk beberapa ramuan yang dapat mengobati beberapa type penyakit. 

Fungsi Daun Sembung itu dapat mengobati pilek, meredakan kembung, sakit tulang (ngilu), hentikan diare, menangani rematik serta ada banyak lagi yang lain. Dengan potensi diuretik, daun tanaman sembung ini dapat juga memperlancar aliran kemih hingga dapat menahan pembentukan batu ginjal hingga tubuh terlepas dari yang namanya kencing batu. 

Sedang untuk manfaat lainnya, jamu dari daun sembung dapat menangani infeksi terutamanya pada skema pernapasan dan mengobati beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan yang telah kita paparkan di atas. 

Nah, seperti apakah serta bagaimanakah cara memproses daun sembung menjadi obat? 

Anda masih penasaran dengan beberapa tumbuhan di atas? Apa saja fungsi daun pada tumbuhan tersebut dan bagaimanakah cara memprocess daun tanaman apotik hidup yang sudah kita sebutkan di atas?

Terus stay di blog guna guna. Bila perlu, anda bisa meniggalkan alamat email anda di bagian kolom langganan yang ada di bawah artikel ini. Sehingga ketika ada update artikel-artikel terbaru dari gunaguna.com anda menjadi orang pertama yang mengetahui nya.



Refferensi :
#daun, #apotikhidup, #kesehatantubuh, #herbal, #apayangdimaksuddengandaun, #apafungsidaunpadatumbuhan, #gambardaun, #fungsidaun, #tamanapotikhidup, #pengertianapotikhidup

idntimes.com, tanimuda.com, www.vemale.com

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami
Hidup Sehat Alami