Manfaat BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan Kekuranganya - Ragam Guna Dan Manfaat

Manfaat BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan Kekuranganya

Manfaat BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan Kekuranganya - Guna guna. Mengulas mengenai jaminan kesehatan di Indonesia sekarang ini memang tidak senantiasa di identikkan dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan Ketenagakerjaan. BPJS sekarang ini sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang. Program penjamin kesehatan masyarakat yang datang dari pemerintah ini memanglah dinilai memberi alternatif atau jalan keluar lain untuk masyarakat agar dapat hidup sehat. 

BPJS Kesehatan yang ada mulai 1 Januari 2014 ini memanglah berniat di luncurkan oleh pemerintah untuk membawa angin segar untuk masyarakat Indonesia. Walau system serta mekanisme BPJS Kesehatan di sebagian sudut masih terlihat sulit dan rumit, tetapi pemerintah bersama seluruh pihak yang berkaitan selalu berupaya mengatur serta melakukan perbaikan system supaya terwujud pelayanan yang baik serta kepuasan untuk beberapa peserta BPJS. 



Mulai sejak pertama kalinya didatangkan, BPJS memang langsung menjadi pilihan favorite banyak orang. Tidak hehar setelah beberapa hari peluncuran, kantor BPJS langsung kebanjiran pendaftar. Untuk menghadapi antusias masyarakat yang ingin mencoba dan memanfaatkan BPJS, Kemudian langkah pemerintah segera membuka beberapa kantor cabang BPJS di sebagian kota besar di Indonesia.

Biaya kesehatan yang pada setiap tahunya semakin tinggi membuat yang namanya kesehatan menjadi satu hal yang begitu 'mewah'. Asuransi kesehatan yang di tawarkan oleh perusahaan swasta sekarang ini memanglah sangat mahal untuk ukuran orang-orang Indonesia. Jadi, saat BPJS ini hadir, di tengah masyarakat sepertinya memperoleh jalan keluar. Namun benarkah seperti itu? Nyatanya didalam semua keunggulan yang ada pada BPJS, juga ada kekurangannya. Lantas apa sajakah keunggulan serta kekurangan yang ada pada BPJS, terlebih BPJS Kesehatan ini? Berikut ini penjelasannya. 

Manfaat BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan Kekuranganya


A. Kelebihan dan Manfaat BPJS Kesehatan


Dengan fenomena ramainya beberapa pendaftar BPJS Kesehatan, membuat hal semacam ini menjadi bukti kalau BPJS menaruh banyak kelebihan. Apa sajakah kelebihan BPJS Kesehatan itu? 

a. Murah

Kelebihan pertama dari BPJS Kesehatan yaitu biaya atau iuran yang murah meriah. Walaupun murah, pelayanan yang dapat peserta tidak murahan. Biaya atau iuran pada BPJS Kesehatan ini memang termasuk murah. Bagaimana tidak, cuma dengan premi per-bulan, untuk kelas 1 sebesar Rp 59 ribu, kelas 2 sebesar Rp 49. 500, dan kelas 3 sebesar Rp 25. 000, seorang sudah memperoleh pelayanan atau perlindungan kesehatan dari kontrol, rawat inap, pembedahan, obat serta lain sebagainya. Dari berita yang ada, bahkan juga bisa di gunakan untuk mencuci darah dan biaya persalinan dapat diperoleh oleh peserta dengan gratis. Jadi manfaat BPJS kesehatan bagi ibu hamil juga dapat di rasakan saat persalinan.

b. Wajib

BPJS Kesehatan yang diadakan langsung dari pemerintah ini memanglah satu program yang diharuskan untuk semua penduduk Indonesia. Mengapa harus? Hal semacam ini karena ada Undang-Undang serta ketentuan pemerintah yang mengatur kewajiban ini. Dengan kata lain, bila seseorang sudah terdaftar dalam asuransi swasta baik perorangan maupun fasilitas dari perusahaanya  Anda juga diwajibkan untuk mendaftar asuransi BPJS kesehatan. 

c. Tanpa ada Medical Check Up 

Jika Anda mendaftar asuransi kesehatan swasta,  Anda akan dikenai medical check up terlebih dulu. untuk di cek apakah Anda terserang penyakit berbahaya dan telah berusia diatas 40 tahun, jadi premi Anda akan menjadi makin mahal. Peluang terburuk seperti mengajukan polis yang tidak diterima juga mungkin saja terjadi. Tetapi, apabila Anda mendaftar BPJS, di usia berapapun juga Anda bisa mendaftar dan tidak ada proses medical check up bahkan bayi yang masih berada dalam kandungan saja dapat di daftarkan. 

d. Di Jamin Seumur Hidup 

Kelihatannya hanya BPJS yang berani memberikan proteksi peserta sampai seumur hidup. Dalam penilaian selama ini, di ketahui asuransi swasta hanya bisa membuat perlindungan pesertanya maksimal sampai umur 100 tahun, itupun belum ada orang yang memberi testimoni atau berita ada asuransi yang berani menjamin sampai usia 100 tahun. 

e. Tidak Ada Pengecualian

Terakhir, kelebihan BPJS Kesehatan yaitu tak ada pengecualian. Dalam pendaftaran asuransi swasta, seorang yang telah terserang penyakit kritis memang mungkin mendapat penolakan. Jikalau di terima, premi yang dibebankan akan mahal. Klaim dana juga mungkin menjadi sulit saat Anda dikira lakukan pembohongan saat mendaftar. Nah, di BPJS Anda dapat mendaftar tidak akan di tanyakan penyakit yang sudah di derita oleh peserta. 

B. Kekurangan atau Kerugian  BPJS Kesehatan


Selain beberapa kelebihan BPJS Kesehatan yang sudah dibicarakan terlebih dulu di atas, BPJS juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin saja karena systemnya yang masihlah baru serta masih diperbaiki. Berikut ini beberapa kekurangan yang ada pada kesehatan BPJS Kesehatan itu : 

a. Metode Berjenjang

Kekurangan pertama dari BPJS Kesehatan yaitu ada metode berjenjang saat melakukan klaim. Di BPJS, diluar kondisi darurat, peserta memang diwajibkan memeriksakan penyakitnya ke faskes 1 terlebih dulu. Faskes 1 ini sendiri berbentuk puskesmas atau klinik. Sesudah dari di faskes 1 dan pasien memang di rasa harus di rujuk ke rumah sakit, Maka pasien atau peserta BPJS baru dapat ke rumah sakit yang bekerja sama juga dengan BPJS. Tetapi di asuransi lain atau swasta, Anda dapat langsung memeriksakan diri ke rumah sakit yang telah bekerja bersama. 



b. Hanya Indonesia

Pelayanan kesehatan BPJS memang hanya dapat membuat perlindungan di Indonesia saja. Tidak sama dengan asuransi swasta yang dapat memproteksi kesehatan pesertanya dirumah sakit yang bekerja bersama sampai di seluruh dunia. 

c. Antri Sana Sini

Untuk Anda yang akan mendaftar atau akan melakukan pengubahan data di kantor BPJS, Anda mesti bersiap dengan antrian yang panjang. Bukan sekedar dalam soal mendaftar serta lakukan pergantian data, saat peserta akan berobat ke rumah sakit, antrian panjang juga harus siap dihadapi peserta. 



d. Tidak sering Memperoleh Kelas 1

Terakhir, kekurangan BPJS Kesehatan yaitu tak ada peluang untuk memperoleh sarana kelas 1. Walau peserta sudah mendaftar pada kelas 1 dan 2 tetapi pada faktanya di lapangan memang berbeda. Mereka beberapa peserta BPJS Kesehatan ini kerap memperoleh sarana kelas 3 dan kadang pelayanan yang di dapat tidak sebaik asurasnsi swasta.

C. Bijak Pilih Perlindungan


Demikianlah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan dari BPJS Kesehatan. Dari sini di harapkan Anda dapat mengetahui dan mengerti seluk beluk dari BPJS Kesehatan. Dengan membaca artikel ini bisa membuat anda lebih bijak dalam memilih asuransi.


Tag : kerugian bpjs, manfaat bpjs kesehatan kelas 1, manfaat bpjs kesehatan bagi ibu hamil, keuntungan bpjs ketenagakerjaan, manfaat bpjs kesehatan perorangan, manfaat kartu bpjs, kelemahan bpjs kesehatan bagi karyawan, manfaat bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan

Referensi : cermati(.)com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan Kekuranganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel