Anda yang Belum Tahu Tamanu Oil, Inilah Manfaat Tamanu Oil yang Mengagumkan

Manfaat tamanu oil itu sangat mengagumkan loh.. Tapi apakah sebenarnya tamanu oil itu? Apakah hanya berupa minyak gosok atau kah seperti apa?

manfaat tamanu oil untuk kesehatan alami
sumber gambar: wikipedia


Apakah Tamanu Oil itu ?

Jika Anda pernah berada di dalam toko makanan alami atau toko kesehatan, kemungkinan Anda sudah pernah melihat minyak tamanu.

Minyak tamanu diekstrak dari biji yang tumbuh di pohon cemara tropis yang disebut pohon kacang tamanu. Minyak tamanu dan bagian lain dari pohon kacang tamanu telah digunakan secara medis selama ratusan tahun oleh bangsa Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik tertentu.

Secara historis, orang percaya pada manfaat minyak kulit tamanu. Saat ini, Anda bisa menemukan banyak cerita anekdot tentang kegunaan minyak tamanu untuk kulit. Beberapa penelitian menunjukkan minyak ini dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker, mengobati vaginitis dan membantu mengurangi gejala pada orang dengan HIV. Berdasarkan sumber-sumber yang ada, minyak tamanu tidak dimasukkan ke dalam jenis pengobatan Barat.

Manfaat Tamanu Oil

Tamanu Oil memiliki khasiat yang dapat membantu melembabkan kulit Anda. Karena kaya akan asam lemak, minyak ini mampu mengunci kelembapan dengan bertindak sebagai penghalang.

Para peneliti juga menemukan bahwa minyak ini mengandung calophyllolide (zat yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi) dan delta-tocotrienol (suatu bentuk vitamin E), serta sejumlah antioksidan.

Sejauh ini, penelitian tentang efek kesehatan dari minyak tamanu masih terbatas. Sebagian besar penelitian dilakukan di laboratorium pada sel, bukan pada subjek manusia. Hasil studi tidak konsisten dan tidak selalu mendukung penggunaan minyak untuk kondisi kulit atau rambut apa pun.

Berdasarkan informasi pada situs healthline, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan dari tamanu oil yaitu :

Manfaat Tamanu Oil untuk Jerawat

Sebuah studi tahun 2015 mengamati minyak ini dari lima bagian berbeda di Pasifik Selatan. Sumber Terpercaya Ditemukan bahwa minyak tersebut menunjukkan aktivitas antibakteri dan penyembuhan luka yang tinggi terhadap strain bakteri yang terlibat dalam jerawat, termasuk Propionibacterium acnes (P. acnes) dan Propionibacterium granulosum ( P. granulosum).

Ada juga bukti sifat anti-inflamasi minyak tersebut. Bersama dengan kemampuannya untuk membunuh P. acnes dan P. granulosum, minyak yang satu ini juga dapat membantu dalam mengobati jerawat yang meradang.

Digunakan untuk Kaki Atlit

Dipercaya menjadi obat yang efektif untuk kutu air, infeksi jamur menular yang menyerang kulit kaki. Meskipun efek minyak tamanu khususnya pada kaki atlet belum diteliti, ada cukup banyak bukti yang mendukung sifat antijamur yang ada pada minyak tersebut.

Manfaat untuk Kulit Keriput

Ini merupakan bahan aktif yang digunakan di banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti penuaan. Minyak ini kaya akan asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Ini juga mengandung antioksidan, yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Kemampuan nya untuk meningkatkan produksi kolagen dan GAG juga berperan dalam anti-penuaan dan regenerasi kulit.

Terakhir, minyak tamanu dapat membantu mencegah kerutan akibat kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Sebuah studi in-vitro tahun 2009 menemukan bahwa minyak tersebut mampu menyerap sinar UV dan menghambat 85 persen kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi UV.

Digunakan untuk Mengobati Flek Hitam

Tidak ada bukti yang menunjukkan manfaat tamanu oil dapat mengurangi munculnya flek hitam, meskipun beberapa orang menggunakannya untuk tujuan itu.

Tamanu Oil untuk Kulit Kering

Kekeringan kulit adalah kondisi yang biasa diobati dengan penggunaan minyak. Minyak ini ternyata memiliki kandungan lemak yang tinggi, jadi kemungkinan besar sangat bisa untuk digunakan melembapkan kulit.

Digunakan untuk Mengobati Eksim

Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Meskipun ada orang yang telah menggunakan minyak ini untuk mengobati kondisi kulit inflamasi seperti eksim, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami perannya.

Untuk Menghilangkan Stretch Mark

Seperti halnya bekas jerawat, kebanyakan orang mencoba memudarkan stretch mark mereka dengan perawatan pelembab, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Meskipun memiliki khasiat tersebut, belum ada penelitian yang cukup untuk mengetahui apakah ada efeknya.

Untuk Memperlambat / Mencegah Kerontokan Rambut

Para peneliti belum melihat secara mendalam bagaimana minyak ini mampu mempengaruhi rambut. Ini mungkin bekerja sebagai pelembab, meskipun itu pun belum terbukti. Cerita anekdot menunjukkan bahwa ini dapat digunakan untuk memperlambat kerontokan rambut, tetapi para peneliti belum membuktikannya.

Untuk Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Rambut yang tumbuh ke dalam sering kali meradang dan teriritasi. Karena minyak ini memiliki khasiat penyembuhan anti-inflamasi, bisa jadi mampu untuk mengobati rambut yang tumbuh ke dalam. Sebagai anti-inflamasi yang sudah terbukti, manfaatnya sangat bisa digunakan. Namun, tidak ada penelitian khusus tentang tamanu dan rambut yang tumbuh ke dalam.

Untuk Mengobati Sengatan Serangga

Beberapa orang menggunakan nya untuk mengobati sengatan serangga. Namun, meski mampu berfungsi sebagai anti-inflamasi, belum ada penelitian tentang efeknya pada gigitan serangga. Apakah benar karena minyak ini maka akibat gigitan serangga mampu disembuhkan.

Untuk Mengobati Bekas Luka

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak ini memiliki sejumlah khasiat yang dapat membantu menyembuhkan luka kulit lebih cepat, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen.

Emulsi minyak tamanu digunakan pada pasien rumah sakit dalam dua studi untuk mengobati luka resisten dan pasca operasi. Ada juga yang menyebutkan bahwa minyak tamanu mampu meningkatkan penyembuhan dan mengurangi rasa takut secara signifikan.

Untuk Mengobatik luka bakar akibat sinar matahari dan luka bakar lainnya

Beberapa orang menggunakan tamanu oil untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari dan luka bakar lainnya. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa minyak ini memiliki khasiat penyembuhan dan antibakteri, belum ada pemahaman yang jelas tentang pengaruhnya terhadap luka bakar.

Kemungkinan Efek Samping yang Ditimbulkan

Meskipun minyak tamanu umumnya dianggap aman jika digunakan secara topikal, namun dapat memicu reaksi alergi pada beberapa individu. Apabila Anda mengalami gatal-gatal, kemerahan, iritasi, atau efek samping lainnya saat menggunakan nya, segera hentikan penggunaan produk ini.

Orang yang alergi kacang pohon harus menghindari minyak ini, karena minyaknya diperas dari kacang pohon Calophyllum inophyllum.

Jika Anda memiliki luka, perawatan luka yang tepat dapat membantu mengurangi bekas luka dan mencegah infeksi. Luka yang besar, dalam, atau terinfeksi harus segera ditangani oleh ahli kesehatan.

Dosis dan Persiapan

Dosis penggunaan tamanu oil yang tepat tidak diketahui. Tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengetahui seberapa aman digunakan pada kulit Anda. Dosis yang tepat untuk Anda mungkin tergantung pada kondisi yang Anda pilih untuk diobati, usia Anda, jenis kelamin Anda, dan kesehatan Anda.

Mintalah panduan dari profesional perawatan kesehatan untuk mendapatkan saran pribadi mengenai dosis yang aman untuk Anda.

Alternatif Tamanu Oil

Alternatif lain untuk mencari minyak selain tamanu oil adalah minyak kacang dan bukan minyak esensial, tetapi minyak esensial berikut adalah alternatif yang bisa anda gunakan. Yang Anda pilih bergantung pada efek yang Anda cari. Pastikan untuk digunakan sesuai petunjuk, karena beberapa minyak esensial ini perlu diencerkan dengan minyak pembawa sebelum dioleskan ke kulit untuk menghindari iritasi.

Berikut tiga alternatif minyak dan manfaat apa yang bisa didapatkan.

  • Minyak pohon teh. Minyak pohon teh telah diteliti secara ekstensif. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membuatnya efektif untuk mengobati luka ringan, gatal, dan kondisi kulit, seperti eksim dan jerawat.
  • Minyak argan. Juga disebut sebagai minyak Maroko, minyak argan telah terbukti menawarkan banyak manfaat yang sama dengan minyak tamanu, termasuk penyembuhan luka, efek anti-penuaan, perawatan jerawat, dan perlindungan UV. Ini juga menjadi minyak pelembab yang efektif untuk kulit dan rambut.
  • Minyak jarak. Minyak jarak adalah alternatif yang tidak mahal dengan banyak kegunaan dan manfaat yang sama. Minyak ini memiliki efek antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati infeksi jamur, iritasi kulit ringan, serta luka kecil dan lecet. Juga mampu untuk melembabkan rambut dan kulit.

Meskipun minyak tamanu tidak akan menyembuhkan kondisi apa pun, minyak ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan rambut Anda dan mengurangi kekeringan, iritasi, dan gatal-gatal. Disamping itu, masih banyak juga jenis herbal dari daun-daunan yang bisa dijadikan sebagai apotik hidup.

Jika Anda memiliki kondisi kulit atau bekas luka, sebaiknya bicarakan dengan dokter kulit Anda sebelum menggunakan minyak tamanu untuk mengetahui apakah itu tepat untuk Anda, sehingga anda bisa benar-benar merasakan manfaat tamanu oil.

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Anda yang Belum Tahu Tamanu Oil, Inilah Manfaat Tamanu Oil yang Mengagumkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel